Hal-hal yang Bisa Merusak Hubungan Percintaan Anda

Raka Lestari    •    Jumat, 08 Jun 2018 10:00 WIB
romansapsikologi
Hal-hal yang Bisa Merusak Hubungan Percintaan Anda
Berikut ini adalah beberapa aktivitas secara online yang mungkin saja bisa merusak hubungan percintaan Anda. (Foto: Volodymyr Bahriy/Unsplash.com)

Jakarta: Media sosial telah mengubah kehidupan setiap orang dari berbagai sisi salah satunya adalah hubungan percintaan.

"Anda tidak hanya memiliki kemampuan untuk berinteraksi dengan pekerjaan Anda, tetapi Anda juga dapat mencari mantan pasangan Anda dan menemukan gambar atau video dari mereka ketika mereka sedang berkencan," kata Kevin Gilliland, PsyD, seorang psikolog dari Dallas, Amerika Serikat. 

Namun ada beberapa aktivitas yng mungkin pernah Anda lakukan di media sosial yang membuat Anda bertanya-tanya apakah hal tersebut dapat memengaruhi hubungan percintaan Anda atau tidak. Dan apakah aktivitas yang Anda lakukan tersebut dapat memberikan efek negatif pula terhadap pasangan Anda. 

Dilansir dari Express, berikut ini adalah beberapa aktivitas secara online yang mungkin saja bisa merusak hubungan percintaan Anda.

1. Secara rutin mengecek profil media sosial mantan
Mengecek profil Facebook atau Instagram mantan secara rutin memiliki implikasi yang lebih besar. "Anda perlu memikirkan alasan sebenarnya mengapa Anda masih mengecek profil mereka," kata Gilliland.

Sangat mudah meromantisir apa yang pernah Anda alami dengan mantan pasangan Anda, terutama jika Anda dan pasangan sedang memiliki hubungan yang tidak begitu baik. 


(Mengecek profil Facebook atau Instagram mantan secara rutin memiliki implikasi yang lebih besar. "Anda perlu memikirkan alasan sebenarnya mengapa Anda masih mengecek profil mereka," kata Gilliland seorang psikolog. Foto: Rawpixel/Unsplash.com)

(Baca juga: Alasan Pentingnya Putus Cinta Secara Baik-baik)

2. Memberikan pesan kepada orang lain
Para ahli setuju bahwa mengungkapkan informasi pribadi tentang hubungan Anda dengan seseorang secara daring, terutama mantan atau teman atau rekan kerja adalah sesuatu yang berisiko. 

Untuk menentukan apakah pesan pribadi Anda melanggar privasi pasangan Anda, pikirkan tentang bagaimana mereka akan bereaksi jika mereka melihatnya.

"Itu pertanda bahwa Anda mulai tidak setia kepada pasangan dan sebagian besar pasangan tidak akan baik-baik saja dengan sakap yang Anda lakukan itu," catat Gilliland.

3. Membuka akun media sosial pasangan tanpa mereka ketahui
Jika Anda penasaran ingin mengetahui apa yang mereka lakukan melalui media sosial, pastikan terlebih dahulu bahwa mereka mengetahuinya. Jelaskan kepada mereka apa yang mengganggu Anda sehingga ingin mengetahui apa yang mereka lakukan di media sosial. 

Namun Anda harus melakukannya dengan hati-hati karena pada prinsipnya Landasan utama dalam hubungan percintaan adalah kepercayaan. "Dan ketika Anda melakukan sesuatu yang memengaruhi kepercayaan, orang-orang tidak menyukainya," ujar Gilliland. 





(TIN)