Mulai Hidup Sehat Sekarang, Konsumsi Makanan Ini

Pelangi Karismakristi    •    Jumat, 12 Jan 2018 11:29 WIB
kesehatan
Mulai Hidup Sehat Sekarang, Konsumsi Makanan Ini
Sertakan biji-bijian seperti roti gandum, gandum utuh, oat dan lainnya yang memberi nutrisi pada tubuh. (Foto: Milada Vigerova/Unsplash.com)

Jakarta: Ada ungkapan bahwa kesehatan mahal harganya. Kalimat itu menjadikan banyak orang sadar bahwa menjaga kesehatan sangat penting.

Menjadi sehat, dibutuhkan upaya seperti olahraga, merubah gaya hidup, dan menyantap makanan sehat. Jika Anda ingin hidup sehat dimulailah dengan memulai membiasakan mengonsumsi makanan sehat. Anda bisa memulainya sekarang dengan langkah-langkah berikut:

1. Konsumsi aneka makanan
Untuk membiasakan makan sehat, konsumsilah berbagai macam makanan misalnya saja empat sehat lima sempurna. Selain bisa melawan penyakit menyerang tubuh, mengonsumsi beragam jenis makanan akan memberi nutrisi dan menghindari tubuh dari keracunan makanan tertentu.

2. Perhatikan porsi makanan
Misalnya Anda mengonsumsi makanan tinggi kalori mengurangi porsi adalah kuncinya. Bacalah label makanan dengan hati-hati untuk memeriksa kandungan kadar lemak dan lainnya untuk mencegah mengonsumsi dua kali lipat.


(Sertakan biji-bijian seperti roti gandum, gandum utuh, oat dan lainnya yang memberi nutrisi pada tubuh. Foto: Joshua Newton/Unsplash.com)

(Baca juga: Makanan Sehat untuk Jantung Sehat)

3. Konsumsi makanan segar
Konsumsilah buah dan sayur dalam daftar makanan Anda. Sertakan beberapa jenis sayuran dan buah berwarna untuk memberi nutrisi, serat dan senyawa lain alam tubuh Anda. Hal ini akan melindungi tubuh Anda dari beberapa jenis kanker dan penyakit lainnya. Pilihlah kacang polong serta buah utuh, lalu tinggalkan buah dan sayurang kaleng.

4. Whole grain
Sertakan biji-bijian seperti roti gandum, gandum utuh, oat dan lainnya yang memberi nutrisi pada tubuh. Orang yang kelebihan berat badan bisa menurunkan bobotnya dengan mengonsumsi lebih banyak biji-bijian.

5. Konsumsi ikan dan kacang
Ikan merupakan sumber protein yang baik, mengandung banyak vitamin, mineral serta asam lemak omega-3 yang membantu mencegah penyakit jantung. Kacang juga mengandung lemak sehat yang baik untuk tubuh.

Selain itu, Anda juga disarankan untuk memperbanyak konsumsi potasium, vitamin D, dan menjauhi makanan yang mengandung lemak trans. Ayo, mulai hidup sehat dari sekarang.

 








(TIN)