Jus Ceri Dapat Membantu Meringankan Insomnia

Raka Lestari    •    Rabu, 15 Nov 2017 17:01 WIB
Jus Ceri Dapat Membantu Meringankan Insomnia
Ceri telah dilaporkan mengandung kadar fitokimia tinggi termasuk melatonin. (Foto: Karly Gomez/Unsplash.com)

Jakarta: Kita semua pasti pernah merasakan kesulitan untuk memejamkan mata Anda di malam hari. Namun ternyata, untuk mengurangi sulit tidur yang kita alami, bisa dilakukan dengan mengonsumsi salah satu jus di bawah ini.

Jus ceri mungkin bisa jadi sahabat baik bagi para penderita insomnia. Setelah melakukan beberapa percobaan menggunakan kuesioner dan melakukan studi tentang tidur, American Journal of Therapeutics melaporkan bahwa minum jus ceri dapat meningkatkan waktu tidur dan efisiensi tidur.

Percobaan terdiri dari orang-orang yang berusia 50 tahun ke atas dan secara acak menerima jus ceri atau plasebo dua kali sehari selama dua minggu. 


(Ceri telah dilaporkan mengandung kadar fitokimia tinggi termasuk melatonin. Foto: Puhhha/Shutterstock)

(Baca juga: Kelebihan dan Kekurangan Jus yang Harus Anda Ketahui)

Delapan dari subjek penelitian yang juga mengalami insomnia merasa tidur mereka menjadi lebih baik. Faktanya, mereka tidur 84 menit lebih banyak dari biasanya dan efisiensi tidur mereka mengalami peningkatan berdasarkan Pittsburgh Sleep Quality Index.

Menurut penelitian lainnya, ada alasan lain untuk memercayai bahwa jus ceri merupakan jawaban untuk permasalahan-permasalahan tidur.

"Ceri telah dilaporkan mengandung kadar fitokimia tinggi termasuk melatonin, molekul yang penting dalam mengatur siklus tidur-bangun pada manusia," menurut laporan studi tersebut.

Penelitian tersebut juga menyarnakan untuk mengonsumsi jus ceri yang dapat bermanfaat untuk meningkatkan durasi waktu tidur dan kualitas dari tidur Anda. 








(TIN)