Pentingnya Metode Kanguru untuk Perawatan Bayi Prematur

Sri Yanti Nainggolan    •    Rabu, 15 Nov 2017 14:42 WIB
tips kesehatan
Pentingnya Metode Kanguru untuk Perawatan Bayi Prematur
Bayi prematur diletakkan dalam inkubator untuk perawatan yang lebih intensif(Foto: Drjulz)

Jakarta: Bayi prematur membutuhkan perawatan khusus untuk menunjang kesehatannya. Hal yang paling dibutuhkan bayi prematur adalah kehangatan. Itu sebabnya, metode kanguru atau kangaroo care  menjadi salah satu hal yang baiknya bisa dilakukan sang ibu.

Metode kanguru adalah metode penyamaan suhu tubuh dengan cara mendekap bayi.

Normalnya, bayi prematur akan diletakkan dalam inkubator untuk perawatan yang lebih intensif, tetapi ibu juga disarankan memeluk anak.

"Kehangatan untuk bayi prematur umumnya adalah 24-26 derajat Celcius. Meskipun masih kedinginan, bayi akan diam saja, tak seperti orang dewasa yang menggigil," terang dokter anak Rinawati Rohsiswatmo dalam edukasi kesehatan yang berlangsung di Jakarta, Rabu, 15 November 2017.

Tak sedikit ibu takut melakukan metode kanguru karena tubuh bayi yang relatif lebih kecil dibandingkan bayi yang lahir normal. Biasanya, ibu baru siap mendekap bayi dua hari setelah melahirkan.

"Setelah mantap, mereka akan mendekap bayi secara perlahan. Misalnya, satu jam dulu. Kemudian, besoknya, ditambah jadi dua jam. Terus begitu hingga menjadi kebiasaan," ujar dokter yang akrab disapa Rina ini.

Metode kanguru sangat baik dilakukan agar anak terbiasa dengan segala hal terkait ibunya, seperti suara atau bau. Namun, tak menutup kemungkinan metode ini bisa dilakukan oleh orang lain mengingat ibu juga butuh istirahat pasca-persalinan.




(DEV)