Ayah Aktif Bantu Cegah Obesitas pada Anak

Sri Yanti Nainggolan    •    Rabu, 04 Oct 2017 16:23 WIB
studi kesehatan
Ayah Aktif Bantu Cegah Obesitas pada Anak
(Foto: Theodysseyonline)

Metrotvnews.com, Jakarta: Sebuah penelitian menemukan bahwa peran ayah yang aktif penting dalam  jangka panjang perkembangan anak .

Sebuah penelitian dari John Hopkins dan Harvard School meneliti 3.900 anak di Amerika Serikat saat mereka berusia 2 hingga 4 tahun.

Mereka yang bermain dengan ayah secara rutin dan sering pergi bersama cenderung mengalami penurunan angka obesitas hingga sepertiganya saat berusia 4 tahun.

Hal tersebut juga terbukti pada anak yang mendapat perhatian rutin dari sang ayah seperti mengantarkan anak tidur atau memandikan anak.

"Ada bukti yang menunjukkan bahwa keterlibatan ayah dalam membesarkan anak, dalam area lain perkembangan anak, studi kami menunjukkan hal tersebut berpengaruh pada kesehatan anak juga," tukas pemimpin studi dr. Michelle Wong.

Ia menambahkan, hal tersebut karena ayah mencurahkan lebih banyak kepedulian saat waktu bermain, dimana mereka kemungkinan memiliki peran kompensasi untuk membawa anak-anak ke luar untuk berjalan-jalan atau bermain saat para ibu, yang biasanya paling banyak memberikan perawatan, tidak memiliki cukup waktu atau tenaga.

Ketika ayah terlibat, stres yang dirasakan ibu akan berkurang dan turut memengaruhi kesejahteraan dan pola makan anak.

Ayah memiliki dampak untuk karena mereka cenderung aktif saat bermain dengan anak mereka, yang umumnya melibatkan banyak aktivitas fisik dan berada di luar ruangan.





(DEV)