Cara Ampuh Hilangkan Sun Tanning di Wajah dengan Lemon

Anindya Legia Putri    •    Selasa, 28 Nov 2017 12:28 WIB
Cara Ampuh Hilangkan Sun Tanning di Wajah dengan Lemon
Bahan alami lemon penuh dengan vitamin C, asam sitrat dan senyawa lainnya yang bisa memerbaiki keadaan kulit Anda. (Foto: Brooke Lark/Unsplash.com)

Jakarta: Dalam beberapa tahun terakhir, jus lemon telah menjadi ramuan mujarab untuk mengobati berbagai masalah kulit. Pasalnya, bahan alami ini penuh dengan vitamin C, asam sitrat dan senyawa lainnya yang bisa memerbaiki keadaan kulit Anda.
 
Jus lemon juga dikenal ampuh menjadi pemutih kulit. Beragam manfaat jus lemon ini pun menjadikannya obat favorit untuk mengobati sun tanning atau perubahan warna kulit akibat lama berjemur di bawah paparan sinar matahari.
 
Meskipun terdapat sejumlah bahan alami yang juga efektif dalam mengatasi sun tanning, namun jus lemon dianggap yang paling efektif. Dan berikut berbagai resep jus lemon untuk membuat kulit mengobati kulit belang Anda. Namun sebelum digunakan pada seluruh wajah, lakukan uji bahan terlebih dahulu di kulit leher belakang telinga, memastikan agar Anda tidak alergi pada bahan-bahan berikut ini.
 
 1. Jus Lemon dengan mentimun
Campurkan 1 sendok teh jus lemon dengan 1 sendok makan timun yang sudah dilumatkan. Sapukan pada area kecoklatan kulit Anda. Biarkan sampai kering selama 10 menit sebelum membersihkannya dengan air hangat suam-suam kuku. Gunakan sekitar 3-4 kali dalam seminggu untuk mendapatkan kulit bebas tan.
 
2. Jus Lemon dengan kunyit bubuk
Campurkan 1 sendok teh jus lemon dengan sedikit bubuk kunyit dan ½ sendok teh air mawar. Letakkan bahan pada area kecoklatan pada kulit wajah Anda. Cuci dengan air hangat setelah 5-10 menit. Gunakan resep ini setidaknya dua kali dalam seminggu untuk mendapatkan hasil yang bagus.
 
3. Jus Lemon dengan buttermilk
Siapkan campuran 1 sendok teh jus lemon dengan 2 sendok teh buttermilk. Oleskan pada wajah Anda dan diamkan selama 5 menit sebelum membersihkannya dengan air hangat. Cobalah gunakan pada wajah kecoklatan Anda minimal 2-3 kali dalam seminggu untuk hasil yang nyata.


(Meskipun terdapat sejumlah bahan alami yang juga efektif dalam mengatasi sun tanning, namun jus lemon dianggap yang paling efektif. Foto: Anthony Tran/Unsplash.com)

(Baca juga: Manfaat Dibalik Kesegaran Jus Lemon)
 
4. Jus Lemon dengan yogurt
Campur 1 sendok teh jus lemon dengan 2 sendok teh yogurt. Oles bahan pada kulit kecoklatan dan biarkan selama 5 menit. Bilas dari bahan dengan air hangat dan tindak lanjuti dengan mengoleskan toner yang menyegarkan kulit. Manjakan diri dengan metode ini setiap hari untuk menghilangkan penyamakan dari kulit wajah Anda.
 
5. Jus Lemon dengan aloe vera gel dan orange peel powder
Buat campuran setengah sendok teh jus lemon dengan 1 sendok teh gel lidah buaya dan sejumput bubuk kulit jeruk. Gunakan campuran tersebut ke seluruh wajah Anda. Biarkan sampai kering selama 10 menit sebelum menggunakan air hangat untuk membersihkannya. Gunakan setiap minggu untuk menghilangkan bekas tanning dari kulit Anda.
 
6. Jus Lemon dengan tepung gram dan madu
Gabungkan 1 sendok teh jus lemon dengan ½ sendok teh tepung gram dan 1 sendok makan madu organik. Basahkan wajah Anda terlebih dahulu sebelum mengoleskan bahan yang dibuat. Biarkan 10-15 menit sebelum mencuci wajah dengan air hangat. Gunakan ramuan ini seminggu sekali untuk hasil yang diinginkan.
 
7. Jus Lemon dengan oatmeal
Campurkan 1 sendok makan oatmeal dengan 2 sendok teh jus lemon. Gosok bahan ke daerah yang terkena paparan sinar matahari. Scrub wajah Anda selama 5-10 menit sebelum membersihkannya dengan air hangat. Gunakan setidaknya dua kali dalam seminggu untuk mendapatkan hasil yang nyata.
 
8. Jus Lemon dengan pulp pepaya
Campur 2 sendok teh jus lemon segar dan pulp pepaya (lapisan berlendir di dalam buah pepaya yang menjadi pemisah daging dengan biji). Gunakan olesan ini pada kulit wajah Anda yang kecoklatan. Diamkan selama 10 menit dan gunakan air hangat untuk membilasnya. Gunakan campuran ini sebanyak tiga kali dalam seminggu untuk mendapatkan hasil yang maksimal.








(TIN)