Yang Harus Dilakukan Sebelum Memutuskan Operasi Plastik

Elang Riki Yanuar    •    Sabtu, 21 Oct 2017 19:57 WIB
operasi plastik
Yang Harus Dilakukan Sebelum Memutuskan Operasi Plastik
Sheila Salsabila (Foto: metrotvnews/elang)

Metrotvnews.com, Jakarta: Operasi bedah plastik kini kerap dilakukan sebagai solusi mempercantik diri. Namun, ada beberapa hal yang harus dilakukan sebelum benar-benar memutuskan menjalani operasi plastik.

"Konsultasi dulu dan jangan terburu-buru. Kadang pasien di Indonesia maunya buru-buru. Misal mau operasi lipatan mata di dokter A tapi tidak pakai konsultasi terlebih dulu atau beberapa pertimbangan ke beberapa dokternya," kata dr. Sheila Salsabila saat ditemui usai memberi pemeriksaan medis untuk anak-anak 'Kolong Cikini' di Gondangdia, Jakarta, Sabtu (21/10/2017).

Menurut dokter yang juga berprofesi sebagai aktris ini, calon pasien tidak bisa melakukan operasi plastik hanya karena hal sama berhasil terjadi pada orang lain. Karena itu, calon pasien bedah plastik harus mengetahui kebutuhannya sendiri.

"Kadang juga tidak sesuai yang dibutuhkan. Orang lain kelihatan bagus karena bentuk mukanya beda dan kebutuhan dia berbeda. Tidak semua orang punya kebutuhan yang sama terkait operasi plastik ini. Pertimbangannya benar-benar harus matang," ujarnya.

Yang tak kalah penting adalah, pasien harus benar-benar memastikan ditangani orang yang tepat. Mereka bisa mencari informasi di internet maupun menanyakan dokter yang bisa dipercaya.

"Pastikan juga dokternya memang spesialis bedah plastik tapi lebih ke beauty. Karena sering juga ditemukan beberapa kasus misalnya dengar dari beberapa dokter terus dia datang ke bukan yang dokter spesialis bedah. Masyarakat harus tahu bedanya dokter bedah plastik dan dokter lain," kata bintang film Takut Kawin ini.

Banyak calon pasien menjadi gelap mata karena tergiur harga yang murah. Dokter yang memandu sebuah acara kesehatan di sebuah televisi swasta ini pun memberikan gambaran harga untuk operasi yang standar.

"Jangan hanya di sini ada promo diskon terus operasi hidung atau pasang implan. Itu bahaya. Kalau harga tergantung bagian tubuh mana. Misalnya operasi hidung. Biasanya harga sama yang belum dioperasi sebelumnya dan sama yang sudah dioperasi berbeda. Belum pernah operasi biasanya Rp25 juta, kalau sudah dioperasi minimal Rp35 juta," terangnya.





 
(ELG)