Tips Menjadi Pelari yang Lebih Baik bagi Pemula

Raka Lestari    •    Rabu, 07 Feb 2018 13:27 WIB
tips kesehatan
Tips Menjadi Pelari yang Lebih Baik bagi Pemula
Jangan langsung berlari tanpa melakukan pemanasan. Anda bisa mulai berjalan kecil selama dua menit, lima menit, dan Anda perlahan-lahan mulai meningkat. (Foto: Chanan Greenblatt/Unsplash.com)

Jakarta: Manfaat dari berlari bagi kesehatan sudah tidak diragukan lagi. Salah satunya adalah bisa menurunkan berat badan dengan lemak yang terbakar ketika berlari.

Namun, untuk mendapatkan hasil yang maksimal tentunya harus menggunakan teknik yang baik pula. "Siapa saja bisa menjadi pelari," kata mantan pelatih "Biggest Loser" Jillian Michaels kepada Huffington Post. Begini yang Jillian dan para ahli lari anjurkan.

 
1. Mulailah secara perlahan
"Jangan berharap berlari sejauh lima mil pada satu hari jika Anda belum pernah berlari sebelumnya atau sudah lama tidak berlari," kata Melissa Merritt, pelatih pribadi asal Los Angeles. Untuk mempermudah olahraga, ia merekomendasikan membuat jadwal rutin dan konsisten.

(Baca juga: Tips Lari Maraton)

2. Berlarilah dengan cara yang tepat
"Berlarilah dengan posisi yang benar karena jika posisi lari yang Anda lakukan tidak tepat dapat menyebabkan luka atau rasa sakit pada kaki Anda," ujar Michaels.


(Jangan hanya menggunakan sepatu yang menarik untuk berlari. Tetapi gunakanlah sepatu untuk berlari yang tepat dan nyaman. Foto: Lee Wang/Unsplash.com)

3. Diawali dengan berjalan
Jangan langsung berlari tanpa melakukan pemanasan. "Anda bisa mulai berjalan kecil selama dua menit, lima menit, dan Anda perlahan-lahan mulai meningkat sampai berlari selama lima menit dan kemudian berhenti dua menit, dan kemudian Anda mulai berlari lagi untuk waktu yang lebih lama dan lebih lama," kata Michaels.

4. Atur pernapasan
Megan Graff, pelatih lari dari Amerika Serikat mengatakan bahwa kuncinya adalah mengambil napas dalam-dalam untuk memaksimalkan bahan bakar berupa oksigen bagi tubuh. "Jika Anda memulainya dengan menarik napas yang lebih pendek, Anda akan merasa kewalahan di awal," katanya.

5. Gunakan sepatu yang tepat
Jangan hanya menggunakan sepatu yang menarik untuk berlari. Tetapi gunakanlah sepatu untuk berlari yang tepat dan nyaman untuk Anda gunakan. Hal ini karena jika Anda tidak memilih sepatu yang tepat, bisa menyebabkan kaki Anda cedera atau bisa menyebabkan luka pada kaki Anda.









(TIN)