Penelitian: Banyak Menggunakan Cahaya Redup Bisa Mengurangi Kemampuan Belajar

Gervin Nathaniel Purba    •    Rabu, 14 Feb 2018 18:16 WIB
kesehatan mata
Penelitian: Banyak Menggunakan Cahaya Redup Bisa Mengurangi Kemampuan Belajar
Sebuah penelitian menemukan bahwa terlalu banyak menggunakan cahaya redup dapat mengurangi kemampuan belajar. (Foto: Andrew Neel/Unsplash.com)

Jakarta: Apakah Anda sering menggunakan lampu redup di dalam rumah ketika sedang belajar? Jika iya, maka Anda harus mulai menguranginya dari sekarang.

Sebuah penelitian menemukan bahwa terlalu banyak menggunakan cahaya redup dapat mengurangi kemampuan belajar. Hal ini dibuktikan dari penelitian yang dilakukan terhadap tikus rumput Nil yang memiliki otak sama seperti manusia. 

Hewan pengerat yang terpapar cahaya redup akan kehilangan sekitar 30 persen kapasitas di hippocampus, wilayah otak kritis untuk belajar dan mengingat. Lalu melakukan dengan buruk pada tugas spasial yang telah mereka latih sebelumnya.

(Baca juga: 6 Tips Jaga Kesehatan Mata di Era Digital)

"Ketika kita memaparkan tikus pada cahaya redup, menirukan hari-hari berawan musim dingin di Midwestern atau pencahayaan dalam ruangan yang khas, hewan-hewan tersebut menunjukkan gangguan dalam pembelajaran spasial," kata Antonio "Tony" Nunez, Profesor di Michigan State University di Amerika Serikat (AS).


(Sebuah penelitian menemukan bahwa terlalu banyak menggunakan cahaya redup dapat mengurangi kemampuan belajar. Foto: Courtesy of Indianexpress.com)

Studi ini adalah yang pertama menunjukkan bahwa perubahan cahaya pada lingkungan sekitar menyebabkan perubahan struktural di otak.

Para periset menyebutkan bahwa paparan sinar redup secara terus menerus dapat menyebabkan penurunan yang signifikan pada zat yang disebut faktor neurotropika yang diturunkan dari otak sebagai peptida yang membantu menjaga hubungan dan neuron sehat di hippocampus dan duri dendritik atau koneksi yang memungkinkan neuron "berbicara" dengan satu lain.

"Karena ada sedikit koneksi yang dilakukan, ini mengakibatkan berkurangnya kinerja belajar dan memori yang bergantung pada hippocampus. Dengan kata lain, lampu redup menghasilkan cahaya redup," kata Joel Soler, penulis utama studi tersebut.










(TIN)