Obat Ini Dapat Turunkan Risiko Obesitas pada Anak dengan Ibu Kegemukan

Sri Yanti Nainggolan    •    Senin, 13 Nov 2017 11:14 WIB
Obat Ini Dapat Turunkan Risiko Obesitas pada Anak dengan Ibu Kegemukan
Sebuah penelitian menemukan bahwa terdapat sebuah obat yang berpotensi mencegah obesitas pada anak yang lahir dengan ibu kegemukan. (Foto: Christiana Rivers/Unsplash.com)

Metrotvnews.com, Jakarta: Sebuah penelitian menemukan bahwa terdapat sebuah obat yang berpotensi mencegah obesitas pada anak yang lahir dengan ibu kegemukan. 

Dilansir dari Thehealthsite.com, beberapa studi lain telah menunjukkan bahwa anak yang lahir dari ibu yang kegemukan dapat meningkatkan risiko obesitas, penyebab utama berbagai penyakit. 

Sebuah studi dari University of New South Wales yang menggunakan tikus menunjukkan bahwa obat NMN mampu meningkatkan metabolisme pada anak sehingga mengurangi efek negatif pada kelahiran obesitas. 

NMN meningkatkan fungsi mitokondria, pusat sel dan pembuat energi, yang memberikan efek mirip dengan olahraga. "Studi kami cukup menjanjikan dimana terdapat pendekatan yang sesuai dengan pencegahan obsitas pada anak dari ibu kegemukan," ujar Margaret Morris, Profesor dan Kepala Farmakologi di Sekolah Ilmu Kesehatan di Universitas New South Wales di Australia. 



(Baca juga: Cegah Obesitas pada Anak, Ini yang Harus Dilakukan Orang Tua)

Studi yang dipublikasikan dalam Scientific Reports tersebut memberikan para tikus betina yang obesitas pola makan yang normal atau tinggi lemak. Kemudian, ada kelompok yang melakukan olahraga atau hanya minum NMN selama 18 hari. 

Kedua intervensi tersebut mengurangi jumlah lemak tubuh, dan menyebabkan beberapa peningkatan toleransi glukosa dan penanda fungsi mitokondria.

"Apa yang benar-benar mendorong temuan kami adalah bahwa pengobatan NMN jangka pendek untuk hewan dari ibu obesitas memiliki keuntungan yang sama dengan saudara mereka yang berolahraga," kata Morris.









(TIN)