Bengkak Setelah Operasi Plastik, Bahaya atau Tidak?

Raka Lestari    •    Rabu, 18 Oct 2017 17:24 WIB
bedah plastik
Bengkak Setelah Operasi Plastik, Bahaya atau Tidak?
(Foto: Time)

Metrotvnews.com, Jakarta: Untuk mendapatkan wajah yang terlihat sempurna, banyak cara yang bisa dilakukan, khususnya oleh para wanita. Salah satu yang sering dipilih adalah metode bedah plastik.

Ilmu bedah plastik sendiri merupakan cabang dari ilmu bedah yang mempelajari tentang restorasi, rekonstruksi atau mengubah bentuk suatu jaringan tubuh dari manusia sehingga dapat menutupi kekurangan pada satu bagian tubuh, mengembalikan fungsinya, dan juga memperbaiki penampilan.

Tahap awal yang harus dilakukan sebelum memulai tindakan bedah plastik, di antaranya adalah konsultasi dengan dokter ahli bedah plastik. "Saat konsultasi, dokter ahli bedah plastik dan pasien akan mendiskusikan tujuan dan harapan pasien," ujar dr Puri Ambar Lestari, SpBP-RE, spesialis bedah plastik rekonstruksi dan estetik.

Biasanya, saat konsultasi dokter juga akan menanyakan riwayat operasi terdahulu maupun penyakit diderita oleh pasien. Hal ini penting karena berpengaruh terhadap waktu operasi dan pemulihan.

Setelah melakukan operasi bedah plastik, mungkin ada beberapa pasien yang mengalami bengkak atau memar pada bagian yang habis dioperasi. Hal tersebut ternyata tidak perlu dikhawatirkan.

"Bengkak itu pasti, tetapi kalo memar belum tentu. Bengkak setelah operasi mungkin bisa berlangsung selama sekitar 1 minggu setelah tindakan sedangkan untuk memar, tidak semua orang mengalaminya," ujar dr Puri.

Pasien yang habis melakukan tindakan operasi bedah plastik juga tidak disarankan melakukan olahraga berat selama kurang lebih 2 minggu sampai 1 bulan, tergantung pada jenis operasi yang dilakukan.


(DEV)