Kebiasaan Buruk sebelum Bercinta Ini Berpotensi Tingkatkan Infeksi Saluran Kemih

Sri Yanti Nainggolan    •    Kamis, 21 Dec 2017 11:14 WIB
seks dan kesehatan
Kebiasaan Buruk sebelum Bercinta Ini Berpotensi Tingkatkan Infeksi Saluran Kemih
(Foto: Shutterstock)

Jakarta: Beberapa kebiasaan sederhana seringkali tidak disadari dapat menimbulkan masalah kesehatan. Salah satunya, wanita yang buang air kecil sebelum berhubungan seksual, dapat meningkatkan risiko terkena infeksi saluran kencing (ISK).

David Kaufman, ahli urologi dari New York mengungkapkan bahwa buang air kecil sebelum aktivitas seksual adalah penyebeb nomer satu ISK, atau dikenal jug adengan cystitis.

"Bakteri memiliki pil kecil yang berfungsi sebagai kait velcro, yang memungkinkan mereka menempelkan diri pada lapisan uretra," jelas Kaufman, dilansir dari Yahoo Health.

Sementara, buang air kecil setelah berhubungan seksual dapat mengeluarkan bakteria sehingga tak sampai ke kandung kemih.

Cara Mengatasi Infeksi Saluran Kemih

Kebanyakan wanita terbiasa buang air kecil sebelum berhubungan seksual, di mana hal tersebut dapat meningkatkan risiko ISK.

Jika menahannya, maka tubuh akan menyimpan urin yang nantinya akan mengeluarkan bakteri yang ada.

Beberapa dokter juga memberikan beberapa instruksi yang berbeda terkait kebiasaan kencing sebelum berhubungan seksual.

Dr Hilda Hutcherson, profesor kebidanan dan ginekologi di Columbia University College of Physicians and Surgeons menyarankan untuk kencing sebelum dan sesudah berhubungan seksual untuk mengurangi kemungkinan terkena ISK.

ISK merupakan penyakit yang cukup rentan dialami wanita dimana satu dari dua wanita setidaknya pernah mengalami gangguan tersebut.




(DEV)