Ketahui Waktu Aman Travelling Bagi Bumil

Sri Yanti Nainggolan    •    Kamis, 02 Nov 2017 12:15 WIB
kesehatan
Ketahui Waktu Aman Travelling  Bagi Bumil
(Foto: Travel Tips)

Metrotvnews.com, Jakarta: Selama masa kehamilan, wanita cenderung lebih berhati-hati dalam beraktivitas, baik dalam keseharian seperti berjalan kaki maupun melakukan perjalanan jauh.

Tekanan dalam perjalanan dapat memberi efek buruk pada ibu hamil (bumil) dan janin. Oleh karena itu, kebanyakan dokter menyarankan untuk tidak melakukan perjalanan jarak jauh pada trisemester pertama, dan menyarankannya pada trisemester kedua atau kehamilan bulan ke empat hingga tujuh.

Namun, akan lebih baik bila bumil membicarakan tentang rencana perjalanan jauh pada dokter pada usia kehamilan berapa pun. Bagi Anda yang ingin berlibur, berikut beberapa alasan mengapa sebaiknya Anda melakukanya saat trimester kedua.

1. Risiko keguguran akan lebih kecil karena organ utama bayi sudah terbentuk.
2. Gejala mual di pagi hari dan pusing juga cenderung kecil sehingga Anda akan merasa lebih nyaman dalam perjalanan.
3. Selain itu, mengingat fase mual dan lemas juga telah lewat, Anda akan lebih berenergi saat perjalanan.
4. Anda juga cenderung sudah mendapatkan vaksinasi yang diperlukan untuk menghindari kemungkinan infeksi, sehingga lebih aman. Namun, konsumsi makanan dan kebersihan tetap perlu diperhatikan seperti mencuci tangan sebelum dan sesudah makan. Hal ini dikarenakan sistem imun Anda masih lemah dibanding tubuh orang normal.

5. Ketika melewati trimester kedua, kemungkinan untuk melakukan perjalanan jauh akan lebih sulit karena potensi kelahiran prematur akan semakin besar.


 


(DEV)