Jika Menstruasi Tak Tetap, Apakah Hamil Akan Lebih Sulit?

Yatin Suleha    •    Kamis, 24 Nov 2016 09:00 WIB
kehamilan
Jika Menstruasi Tak Tetap, Apakah Hamil Akan Lebih Sulit?
Jika siklus menstruasi Anda tidak tetap dan lebih dari 35 hari jaraknya atau lebih jauh, Anda harus mempertimbangkan untuk menemui dokter kandungan spesialis infertilitas. (Foto: Healthstatus)

Metrotvnews.com, Jakarta: Kebanyakan wanita memiliki kurang lebih 12 waktu menstruasi dalam satu tahun, namun beberapa bisa lebih sedikit dan beberapa lompat bulan atau tidak menstruasi sama sekali.

Stres, olahraga berat, berat badan naik dan turun secara drastis-semua ini menyebabkan periode menstruasi Anda terganggu. Semakin tak beraturan menstruasi Anda, semakin sulit untuk memprediksi ovulasi.

(Baca juga: 10 Gejala Kehamilan yang Harus Diwaspadai)

Dr. Jeannette Lager, ginekologi dan asisten profesor di San Francisco, Amerika mengungkapkan katakan saja siklus Anda 28 hari dalam satu bulan, 21 hari di bulan berikutnya, dan 32 hari di bulan berikutnya.

Catat semua siklus menstruasi Anda untuk beberapa bulan ke depan. Lalu kurangi 17 dari siklus terpendek Anda dan 11 dari siklus menstruasi terpanjang Anda. Hari di antara keduanya Anda kemungkinan subur.

Jika siklus menstruasi Anda tidak tetap dan lebih dari 35 hari jaraknya atau lebih jauh, Anda harus mempertimbangkan untuk menemui dokter kandungan spesialis infertilitas untuk memeriksa apakah ada penyebab lainnya dari menstruasi Anda yang tidak tetap, seperti polycystic ovarium sindrom (PCOS), disfungsi ovarium, gangguan tiroid, berat badan yang berlebihan, atau menaiknya level prolaktin.







(TIN)