Keharuman Bayi yang Khas

Yatin Suleha    •    Selasa, 01 Nov 2016 11:40 WIB
tumbuh kembang bayi
Keharuman Bayi yang Khas
Aroma tubuh bayi yang baru lahir tersebut mengaktifkan sirkuit saraf yang berkaitan dengan reward di dalam otak perempuan, terutama para ibu. (Foto: 3.bp.blogspot)

Metrotvnews.com, Jakarta: Mengapa bayi memiliki keharuman yang khas, yang tentunya membuat Anda merasa senang menciuminya? Ternyata hal tersebut ada penjelasan imliahnya.

Keharuman bayi bagi seorang ibu ini sangat menarik, karena suatu penelitian tentang bau tubuh bayi dilakukan oleh para peneliti di University of Montreal, Kanada dipublikasikan September 2013 lalu.

(Baca juga: Waktu yang Tepat Menyentuh Bayi Anda)

Dalam penelitian di Frontiers in Psychology tersebut menemukan bahwa aroma tubuh bayi yang baru lahir memiliki efek yang sama seperti saat Anda mencium aroma makanan lezat saat kondisi Anda sedang luar biasa lapar.

Menurut peneliti, Dr. Johannes Frasnelli, aroma tubuh bayi yang baru lahir memang  berperan penting dalam membentuk respons emosional antara ibu dan anaknya.

Aroma tubuh bayi yang baru lahir tersebut mengaktifkan sirkuit saraf yang berkaitan dengan reward di dalam otak perempuan, terutama para ibu, dan menimbulkan ikatan batin antara bayi dengan ibunya. Sirkuit tersebut merupakan sirkuit yang juga aktif ketika Anda mengonsumsi sesuatu saat merasa kelaparan.






(TIN)