Mengenal Hipospadia, Kelainan pada Organ Genital Pria

Sri Yanti Nainggolan    •    Selasa, 13 Dec 2016 18:51 WIB
kamus kesehatan
Mengenal Hipospadia, Kelainan pada Organ Genital Pria
(Foto: Intimatehealthhelp)

Metrotvnews.com, Jakarta: Arah cipratan air kencing pada pria ternyata bisa menjadi salah satu indikasi penyakit. Bila Anda mengalaminya, kemungkinan itu karena penyakit hipospadia.

Hipospadia adalah kelainan bawaan sejak lahir di mana posisi uretra tidak sesuai dengan posisi normal (berada pada bagian ujung tengah kepala penis), namun pada bagian bawah saluran tersebut.

"Hal ini menimbulkan beberapa masalah, salah satunya cipratan air kencing yang harusnya ke depan malah ke kaki sehingga (kaki) jadi kotor," ujar dr. Mahdian Nur Nasution, SpBS selaku perwakilan dari Pusat Pelayanan Khitan Rumah Sunatan dalam media gathering 'Penyakit-penyakit yang Harus Disunat', Selasa (13/12/2016).

Selain itu, akan ada masalah saat pria mengalami ereksi di mana seharusnya posisi penis melengkung ke atas, namun yang terjadi justru sebaliknya. Hal tersebut disebabkan karena adanya korde atau jaringan fibrotik yang menahan sehingga sulit untuk melakukan penetrasi.

Sperma yang keluar pun tak bisa menjangkau hingga serviks sehingga kesempatan untuk terjadi pembuahan pun semakin kecil.

Salah satu solusi untuk masalah kesehatan tersebut adalah dengan membuat saluran baru dengan menggunakan kulit yang berasal dari tubuh. Biasanya, kulit yang dipakai adalah kulit hasil sirkumsisi atau sunat sebagai penyambung lubang baru pada penis.

Operasi hipospadia baiknya dilakukan saat seseorang masih kecil, bahkan sebelum masuk bangku sekolah untuk kebaikan psikis.


"Biasanya anak kecil kalau kencing berbarengan. Nanti kalau ketahuan cipratannya berbeda, anak itu jadi malu karena tak sama. Itu akan berpengaruh kepada psikisnya," terangnya.


(DEV)