Kafein pada Kopi Mampu Redakan Depresi

Nia Deviyana    •    Rabu, 16 Nov 2016 19:08 WIB
tips kesehatan
Kafein pada Kopi Mampu Redakan Depresi
(Foto: Men's Fitness)

Metrotvnews.com, Jakarta: Penelitian medis menemukan korelasi antara asupan kafein dengan depresi. Disebutkan bahwa kafein dalam kopi dapat mengurangi depresi dan keinginan untuk bunuh diri.

Studi yang dilakukan di Tiongkok pada periode 1980 hingga 2015 menemukan bahwa salah satu penyebab depresi adalah kurangnya asupan kafein. Namun, kasus ini kurang dari satu persen.

Para peneliti bahkan mengatakan, kopi lebih baik daripada teh untuk mencegah depresi. Alasannya, kopi mengandung asam chlorogenic, asam ferulic, dan asam caffeic. Komponen-komponen tersebut dapat mengurangi peradangan sel-sel saraf yang terjadi di otak penyebab depresi.

Kopi juga memiliki sifat antioksidan yang bertindak sebagai anti-inflamasi di bagian otak. Antioksidan ini yang berkhasiat meringankan beberapa ketidaknyamanan yang diakibatkan depresi.

Selain minum kopi dalam takaran wajar, Anda yang rentan depresi sebaiknya menghindari asupan makanan ini.

1. Gula halus

Hindari makanan ini, entah untuk dikonsumsi bersama kopi atau ke dalam campuran cokelat panas. Makanan tinggi karbohidrat ini mampu menaikan suasana hati dengan cepat. Namun, cepat juga dalam menurunkan (suasana hati).

2. Pemanis buatan

Makanan ini dapat mengurangi produksi hormon seretonin. Seperti diketahui, seretonin yang juga disebut dengan 'hormon cinta' bermanfaat dalam meningkatkan suasana hati.

3. Makanan olahan

Makanan olahan seperti roti putih, sereal, pasta, memiliki efek yang sama seperti gula.

4. Makanan asin

Makanan asin yang dikonsumsi dalam jumlah tinggi dapat mengganggu sistem saraf dan kekebalan tubuh, serta menyebabkan kelelahan.


5. Alkohol

Hindari mengonsumsi minuman beralkohol karena merupakan salah satu depresan yang merangsang sistem saraf pusat.


(DEV)