Melakukan Tes Kehamilan di Rumah

   •    Rabu, 19 Dec 2018 13:34 WIB
kehamilan
Melakukan Tes Kehamilan di Rumah
Tes kehamilan di rumah biasanya dapat mendeteksi hCG dalam urine Anda. (Foto: Pixabay.com)

Jakarta: Setelah melakukan hubungan seksual dengan suami Anda tanpa kontrasepsi, tentu Anda penasaran apakah sudah hamil atau belum? Jika Anda belum sempat ke dokter atau rumah sakit, Anda bisa menggunakan alat tes kehamilan yang bisa digunakan di rumah.

Cara kerjanya adalah dengan mendeteksi level hormon hCG (Human Chorionic Gonadotropin), yaitu hormon yang diasosiasikan dengan kehamilan, pada urine Anda.

Hormon ini diproduksi oleh sel yang nantinya akan berkembang menjadi plasenta. Masuk pertama kali dalam aliran darah Anda ketika sel telur yang sudah dibuahi mulai menempel pada dinding rahim. Jumlah hCG dalam tubuh Anda kemudian akan meningkat dengan cepat dalam beberapa minggu kemudian.

Tes kehamilan di rumah biasanya dapat mendeteksi hCG dalam urine Anda dalam waktu dua minggu setelah pembuahan. Ketika alat tes berhasil mendeteksi keberadaan hormon tersebut, alat itu akan menunjukkan hasil tes positif.

Biasanya hasil tes alat kehamilan di rumah memiliki akurasi 99 persen atau lebih, seperti yang dilansir dari BabyCenter. Dengan alat test pack, Anda bisa melakukannya. Berikut langkahnya:


(Tes kehamilan di rumah biasanya dapat mendeteksi hCG dalam urine Anda dalam waktu dua minggu setelah pembuahan. Foto: Pixabay.com)

(Baca juga: Wanita Zaman Dahulu Tes Kehamilan dengan Minum Bir)

1. Siap, sedia, lakukan!
Pertama, pastikan tes belum kedaluwarsa. Duduk di toilet dan keluarkan sedikit urine Anda, baik langsung pada alat tes atau ke dalam alat penampung, tergantung pada alat tes Anda.

2. Gunakan penetes untuk meletakkan sedikit urine pada stik tes
Hal ini hanya diperlukan pada metode yang menggunakan wadah plastik penampung. Pada beberapa merek lain, stik tes justru harus dicelupkan ke dalam urine yang telah ditampung. Biarkan selama 5 hingga 10 detik, atau sesuai petunjuk yang tercantum dalam kemasan.

3. Tunggu sesuai waktu yang disarankan
Letakkan stik tes pada permukaan yang bersih dan rata dengan bagian yang menunjukkan hasil mengarah ke atas. Waktu tunggu yang diperlukan biasanya antara 1 hingga 5 menit, walaupun tes tertentu mungkin memakan waktu hingga 10 menit untuk memberikan hasil yang akurat.

4. Periksa hasilnya
Setelah waktu yang dinyatakan dalam petunjuk telah lewat, periksa stik tes untuk melihat hasilnya. Jika hasilnya positif, Anda harus membuat janji dengan dokter untuk mengonfirmasi kehamilan Anda. Hal ini biasanya dilakukan dengan tes darah.

Maria Fransiska




(TIN)