Makanan Alami Peredam Sakit Akibat PMS

Dhaifurrakhman Abas    •    Rabu, 26 Dec 2018 14:54 WIB
premenstrual syndrome (pms)
Makanan Alami Peredam Sakit Akibat PMS
Berikut makanan alami yang bisa melawan rasa sakit akibat PMS. (Foto: Bethany Laird/Unsplash.com)

Jakarta: Rasa sakit akibat Premenstrual Syndrome (PMS) menuai beragam keluhan. Mulai dari mual, muntah, sakit kepala, dan yang paling mengerikan dari seorang perempuan yaitu "bad mood."

Mengonsumsi obat-obatan pereda nyeri merupakan salah satu cara untuk mengatasinya. Namun, Anda tak boleh sembarangan mengonsumsinya. Apalagi jika tanpa anjuran dokter.

Kalau tidak begitu, bisa-bisa obat tadi malah menimbulkan efek samping yang mengerikan buat tubuh. Tenang saja, ada kok makanan alami yang bisa membantu meredam rasa sakit akibat PMS.

Selain aman dikonsumsi karena bersifat alami, makanan dan minuman ini juga membantu tubuh menjadi lebih sehat dan bugar. Berikut makanan alami yang bisa melawan rasa sakit akibat PMS, dilansir Every Day Health.

(Baca juga: Cara Mengatasi PMS Pada Wanita)


(Selain aman dikonsumsi karena bersifat alami, makanan dan minuman ini juga membantu tubuh menjadi lebih sehat dan bugar saat PMS melanda. Foto: Rawpixel/Unsplash.com)

1. Pisang
Rasa sakit di perut akibat PMS bisa disebabkan karena kram otot perut. Ini biasanya terjadi akibat kadar potasium di dalam tubuh menurun drastis saat haid.

Pisang direkomendasikan sebagai sajian wajib karena merupakan buah yang kaya akan kandungan B6 dan potasium. Selain itu, pisang juga mengandung mineral boron, kalsium dan fosfor yang membantu tubuh mengurangi intensitas nyeri.

2. Yogurt rendah lemak
Memilih yogurt rendah lemak sebagai camilan menjadi pilihan tepat bagi mereka yang tengah mengalami PMS. Sebab yogurt mengandung 25 persen kalsium yang dibutuhkan tubuh setiap hari.

Makanan kaya kalsium merupakan keharusan mutlak bagi perempuan yang sedang mengalami PMS. Menurut sebuah studi dari University of Massachusetts di Amherst, asupan kalsium dan vitamin D dari menurunkan risiko PMS berlanjut hingga 40 persen.

3. Teh kamomil
Mengonsumsi teh kamomil dapat membantu mengurangi kejang otot dan kram menstruasi. Sebabnya, minuman ini mengandung senyawa inflamasi yang bisa meningkatkan kadar glisin di urine.

Bukan hanya itu. Mengonsumsi secangkir sampai dua gelas kamomil hangat juga dapat digunakan untuk memperbaiki mood menjadi lebih baik ketika PMS melanda.


(TIN)