Mengapa Setelah Melahirkan, Perut Mirip Seperti Masih Hamil 5 Bulan?

Yatin Suleha    •    Senin, 21 Nov 2016 18:29 WIB
kesehatan
Mengapa Setelah Melahirkan, Perut Mirip Seperti Masih Hamil 5 Bulan?
Postur Anda ketika hamil dan melahirkan lalu menjadi ibu tidak sama. Anda harus berolahraga untuk mengencangkannya kembali. (Foto: Dailymail)

Metrotvnews.com, Jakarta: Ini adalah fakta, bahwa Anda akan melihat perut yang masih besar setelah Anda melahirkan. Mirip seperti masih ada bayi yang tertinggal berusia lima bulan di dalam perut Anda.

Mungkin "penyelarasan" adalah jawabannya
Dilansir dari Mutusystem, salah satu kemungkinan yang menyebabkan hal tersebut di atas adalah postur, atau lebih tepatnya, penyelarasan. Postur Anda ketika hamil dan melahirkan lalu menjadi ibu tidak sama.

(Baca juga: Studi: Melahirkan di Usia Lebih Tua Memperpanjang Usia)

Bayangkan saja, panggul Anda yang dipenuhi air, yang mana harus Anda sanggah selama sembilan bulan. Tentu saja ini merupakan hal yang besar. Jika Anda merasakan sakit punggung belakang, atau merasakan sakit di tulang ekor, kemudian panggul Anda belum optimal diselaraskan.

Ditambah lagi tekanan dari luar pada otot rectus (yang memisahkan dengan diastasis) serta tekanan ke bawah pada dasar panggul juga meningkat.

Hal tersebut juga menambah kelemahan otot transverse (otot melintang), sebuah otot penting yang memperkuat perut dan membuat perut Anda rata. Bersabar adalah jawabannya. Setelah itu, Anda bisa menjalankan olahraga untuk mengencangkannya kembali.






(TIN)