Makanan Penyebab Bayi Bergas

Yatin Suleha    •    Senin, 21 Nov 2016 11:02 WIB
kesehatan anak
Makanan Penyebab Bayi Bergas
Jika bayi Anda punya masalah gas, Anda tidak perlu khawatir. Gas bukanlah masalah. Tapi jika gas menyebabkan ketidaknyamanan, sebaiknya konsultasikan ke dokter. (Foto: Babyfood123)

Metrotvnews.com, Jakarta: Jika Anda memiliki bayi yang sering mengeluarkan gas, Anda mungkin sebaiknya melihat makanan yang Anda berikan pada si kecil.

Cara termudah untuk mengetahui makanan apa yang menyebabkan gas adalah melihat makanan yang menyebabkan gas pada si kecil. Bayi memproses makanan sama seperti yang Anda lakukan.

Jadi, jika Anda tahu beberapa makanan cenderung menimbulkan masalah kepada Anda nantinya, amati reaksi yang sama pada bayi Anda.

(Baca juga: Orangtua Harus Cermat Memilih Makanan untuk Anak)

Berikut ini adalah beberapa makanan yang menyebabkan gas:

1. Kacang-kacangan

2. Brokoli

3. Kubis Brussels

4. Kubis

5. Kembang kol

6. Bran biji-bijian sereal

7. Oatmeal

8. Aprikot

9. Plum Prune

10. Persik

11. Pir

12. Buah jeruk-jerukan

Haruskah menghilangkan menu "bergas"?
Anda mungkin ingin menghilangkan beberapa makanan dari menu bayi Anda dengan harapan menghilangkan gas. Tapi meniadakan beberapa makanan itu tidak selalu berhasil dan hal ini berarti juga membatasi nutrisi bayi Anda,

Beberapa jenis makanan tersebut di atas juga masih dibutuhkan oleh si kecil hal ini karena, "Makanan kaya-serat dan zat gizi merupakan makanan yang terbaik agar BAB bayi Anda tetap lunak dan teratur," tambah Ari brown, MD, dokter anak dan penulis "Baby 411".

Jika bayi Anda punya masalah gas, Anda tidak perlu khawatir. Gas bukanlah masalah. Tapi jika gas menyebabkan ketidaknyamanan Dr. Jennifer Shu, MD, dokter anak dari Atlanta, Amerika memperingatkan bahwa Anda harus bicara dengan dokter anak Anda.







(TIN)