Lima Bahan Alami untuk Atasi Keracunan Makanan

Sri Yanti Nainggolan    •    Jumat, 21 Sep 2018 08:00 WIB
tips kesehatan
Lima Bahan Alami untuk Atasi Keracunan Makanan
(Foto: The Health Site)

Jakarta: Keracunan makanan adalah salah satu masalah yang membuat kesehatan bermasalah dan harus segera diatasi. Untuk pertolongan awal, Anda bisa menggunakan bahan-bahan yang ada di rumah.

Berikut adalah beberapa bahan yang bisa membantu mengatasi keracunan makanan dalam tahap ringan seperti dilansir dari The Health Site.

1. Cuka sari apel

Cuka sari apel membantu meredakan peradangan di sepanjang lapisan gastrointestinal dan dapat meringankan rasa tak nyaman dengan segera karena sifat asamnya. Campur dua sendok makan cuka sari apel dengan segelas air panas dan minum sebelum makan.

2. Biji klabet

Biji klabet mengobati ketidaknyamanan perut. Rendam satu sendok teh biji klabet sampai lunak. Mengkonsumsi biji-bijian tersebut dengan satu sendok teh yogurt. Ulangi sepanjang hari secara berkala.

3. Bawang putih 

Bawang putih membantu meringankan Maslaah pencernaan seperti diare dan sakit perut karena bersifat anti virus, anti bakteri dan anti jamur. Campurkan cengkeh dan bawang putih dalam segelas air hangat. 

4. Lemon

Sifat asam dalam lemon membantu menyingkirkan bakteri penyebab sakit perut. Tambahkan sedikit gula ke dalam satu sendok teh sari lemon dalam satu gelas. Nikmati dua hingga tiga kali sehari untuk membersihkan sistem pencernaan. Anda juga dapat memeras sari lemon ke dalam segelas air hangat dan meminumnya.

5. Madu

Madu membantu menyembuhkan gangguan pencernaan, termasuk gejala keracunan makanan,  memiliki kandungan antibakteri dan anti jamur. Minumlah satu sendok teh madu organik tiga kali sehari untuk mengontrol pembentukan asam berlebih untuk mengobati sakit perut.


Lihat video:




(DEV)