Penelitian: Kekurangan Vitamin D Picu Kanker Payudara

Desi Angriani    •    Selasa, 02 Oct 2018 07:00 WIB
kalbe nutritionals
Penelitian: Kekurangan Vitamin D Picu Kanker Payudara
(Foto:Shutterstock)

Jakarta: Tahukah Anda? Kekurangan vitamin D tak hanya menyebabkan penyakit yang berkaitan dengan kesehatan tulang dan gigi, namun juga memicu sel kanker payudara pada perempuan.

Hal ini merujuk pada penelitian yang dilakukan di San Diego School of Medicine University of California, sebagaimana dilansir Healthline. Para ahli menemukan bahwa perempuan dengan kadar vitamin D rendah akan mudah terjangkit kanker payudara. 

Mengapa demikian? Metabolisme vitamin D dapat menghentikan pembelahan sel yang agresif. Dengan kata lain, pertumbuhan tumor dapat dicegah dari penyebaran suplai darah selama terdapat reseptor vitamin D. Penelitian ini melibatkan lebih dari 3.300 peserta perempuan di atas usia 55 tahun dalam rentang waktu 2002-2017.

Selama uji coba, mereka diberi suplemen vitamin D dan kalsium, serta dipantau selama empat tahun. Penelitian menunjukkan perempuan dengan konsentrasi vitamin D lebih tinggi dalam darah, memiliki risiko lebih rendah menderita kanker payudara.

Untuk menghindari risiko kanker payudara, tentu Anda perlu mencukupi kebutuhan vitamin D dalam tubuh. Ada dua cara mudah, yakni melalui susu serta produk turunannya, ikan salmon, telur, hati sapi, sereal, jus jeruk, dan lainnya. Anda juga bisa memperoleh vitamin D melalui paparan sinar matahari. 

Cara lain yang lebih praktis yaitu biasakan minum suplemen vitamin D dan kalsium, yakni Xonce Drink. Minuman dengan rasa jeruk ini akan membantu Anda memperoleh 80 persen kebutuhan kalsium harian.

Xonce Drink mengandung kalsium 305 g, vitamin D 400 IU, dan vitamin C 90 mg. Vitamin C dan D yang terdapat di dalamnya akan membantu menyerap kalsium lebih baik. Xonce Drink menyehatkan karena bebas bahan pengawet dan mengandung pemanis alami dari sari tebu. Untuk mendapatkan hasil maksimal, minum dua kali sehari.


(ROS)