Lima Cara Mengatasi Sembelit pada Anak-anak

Nia Deviyana    •    Kamis, 26 Apr 2018 17:03 WIB
tips kesehatan
Lima Cara Mengatasi Sembelit pada Anak-anak
(Foto: Shutterstock)

Jakarta: Tak hanya orang dewasa, anak-anak pun bisa mengalami sembelit. Pada kasus anak-anak, sembelit biasanya terjadi karena sering menahan buang air besar (BAB). 

Kurangnya asupan serat juga menjadi salah satu faktor pemicu sembelit. Untuk mengatasinya, beberapa cara berikut ini bisa dicoba agar anak bisa BAB dengan lancar.

1. Perbanyak minum air

Dilansir dari The Health Site, minum air dapat merangsang gerak peristaltik usus sehingga BAB menjadi lebih mudah. Saat anak mengalami sembelit, ajak anak minum paling tidak satu setengah liter air sepanjang hari. 

Anda bisa juga mencoba memberikan minum air hangat yang sudah dicampurkan lemon untuk membersihkan pencernaan. 

2. Makan pisang

Pisang mengandung serat dan pektin yang mampu melawan sembelit. Makan dua pisang setiap hari membantu melunakkan kotoran sehingga BAB menjadi lebih mudah. 

3. Minyak zaitun

Satu sendok teh minyak zaitun yang dicampurkan dengan satu teh jus lemon sangat baik untuk pencernaan. Minum campuran ini pada pagi hari untuk mengatasi sembelit.

4. Lidah buaya

Lidah buaya tidak hanya memberikan manfaat kecantikan, tetapi juga dapat mengatasi sembelit pada anak-anak. Campur dua sendok gel lidah buaya dengan segelas air hangat untuk mendapatkan manfaatnya.

5. Yogurt

Makan yogurt merupakan cara yang paling enak dan praktis dalam melawan sembelit. Konsumsi rutin yogurt juga membantu mempertahankan bakteri baik di usus.


Lihat video:




(DEV)