Tips agar Tetap Berenergi Meski Kurang Tidur

Sri Yanti Nainggolan    •    Kamis, 10 May 2018 15:08 WIB
tips kesehatan
Tips agar Tetap Berenergi Meski Kurang Tidur
(Foto: Shutterstock)

Jakarta: Kurang tidur pada malam hari dapat memicu berbagai gangguang kesehatan, dari yang ringan hingga berat. Namun, hal utama yang perlu diatasi dari hal tersebut adalah bagaimana agar tetap terjaga di siang hari usai Anda begadang. 

Berikut adalah beberapa tips agar tetap melek dan bekerja meski Anda lemas karena kurang tidur.

1. Mandi air hangat dan dingin

Mandi dengan dua suhu berbeda membuat darah cepat mengalir dalam tubuh, dimana ini adalah cara membangunkan tubuh secara alami, demikian menurut dokter naturopati Marianne Marchese, ND. 

Cobalah basahi tubuh dengan air hangat selama semenit kemudian bilas tubuh dengan air dingin selama 30 detik. Ulangi beberapa kali. 

2. Tidak tidur siang

"Tidur siang mengganggu pola tidur dan dapat memperpanjang masalah susah tidur pada malam hari," ujar dokter narupati Jerald H. Simmons, MD.

Ia menyarankan untuk menyibukkan diri pada siang hari sehingga akan lebih mudah tertidur saat malam. Jika tak bisa ditahan, tidurlah selama 15-30 menit saja. 

3. Mencium wewangian

Minyak esensial rosemary atau peppermint adalah perangsang alami untuk meningkatkan kewaspadaan dan kejernihan mental. Ciumlah bau tanaman yang menyegarkan untuk membuat pikiran sadar. 

4. Terhidrasi

Sebuah studi yang dipublikasikdan dalam PLOS Studi One menyebutkan bahwa peningkatan konsumsi air putih sekitar empat hingga 10 gelas dalam satu hari dapat mengurangi gejala pusing, bingung, dan mengantuk akibat kurang tidur. 

5. Terpapar sinar matahari

Terpapar sinar matahari selama beberapa menit dapat membuat rasa mengantuk berkurang. 
"Ketika sinar matahari mengenai mata, itu memberi sinyal pada kelenjar pineal di otak untuk menekan produksi melatonin pada tubuh, hormon yang membuat Anda mengantuk," kata Dr Marchese, dilansir dari Real Simple.

Lihat video:






(DEV)