Lima Kebiasaan yang Memicu Rambut Kusam

Raka Lestari    •    Rabu, 09 May 2018 18:54 WIB
kecantikan
Lima Kebiasaan yang Memicu Rambut Kusam
(Foto: Shutterstock)

Jakarta: Kekusaman merupakan tanda bahwa rambut Anda tidak sehat. Namun, untuk membuat rambut menjadi berkilau juga tidak mudah. 

"Rambut sehat adalah cerminan dari apa yang masuk ke dalam tubuh dan rambut Anda," kata Francesca Fusco, M.D., dokter kulit di Wexler Dermatology di New York, dilansir dari Women's Health.

Pada rambut yang sehat, setiap helai rambut tentunya akan terasa halus dan lembut. Ketika digerai, rambut akan memantulkan cahaya dan menciptakan kilau. 

Namun, styling pada rambut bisa membuatnya menjadi cepat kusam. Berikut kebiasaan-kebiasaan yang bisa menyebabkan rambut menjadi kusam. 

1. Pemanasan rambut

Mengeringkan rambut dan meluruskan rambut menjamin hasil akhir rambut mengilap, tetapi juga bisa membuatnya jadi kusam. 

"Trichorrhexis nodosa, bentuk umum kerusakan yang disebabkan oleh penggunaan panas pada rambut, secara kimia memperlakukan rambut Anda seperti mewarnai rambut atau keduanya, dapat menyebabkan rambut tumbuh lemah di sepanjang batang rambut," jelas fusco.

2. Cahaya matahari

Paparan sinar UV bisa memudarkan warna rambut dan itu bisa menyebabkan kusam meskipun Anda tidak mewarnai rambut Anda. 

"UV dan panas membuka kutikula dan memecah pigmen," kata Sharon Dorram, ahli pewarnaan rambut di salon Sally Hershberger di NYC. Plus, paparan UV dan panas menyebabkan uap air di rambut Anda menguap yang dapat membuat rambut menjadi kusam.

3. Sampo kering

Sampo kering atau dry shampoo juga bisa menjadi salah satu penyebab kusam pada rambut. Jika Anda menggunakannya secara teratur, Anda akan membuat batang rambut tidak terhidrasi dengan baik yang dapat menyebabkan rambut kering dan kusam.

4. Pewarnaan rambut

Melakukan pewarnaan pada rambut secara terus menerus berarti membuka kutikula dan menutupnya berulang kali. Seiring waktu, lapisan kutikula Anda mungkin mulai terpisah dan kehilangan kelembabannya. 

"Setiap kali Anda melakukan bleaching pada rambut akan membuat rambut tidak bernapas dan tidak akan memantulkan cahaya yang membuatnya tidak terlihat mengilat," ujar Dorram.

5. Ketombe

Segala macam kondisi kulit kepala yang melibatkan serpihan, seperti ketombe dan kulit kepala kering, adalah penyebab utama terjadinya kusam pada rambut. Pertama, sel-sel kulit mati itu bercampur dengan minyak alami di kulit kepala Anda, dan keduanya melapisi rambut Anda. 

"Ketika keduanya terserap di batang rambut, ini dapat memengaruhi cara cahaya memantulkan rambut," jelas Fusco. Plus, banyak formula anti-ketombe yang dapat membuat rambut menjadi kering.

Lihat video:




(DEV)