Katarak Bisa Disembuhkan

Putu Radar Bahurekso    •    Minggu, 11 Oct 2015 12:25 WIB
katarak
Katarak Bisa Disembuhkan
Komite Mata Nasional menyatakan, katarak dapat disembuhkan (Foto:Metrotvnews.com/Putu Radar B)

Metrotvnews.com, Jakarta: Katarak merupakan penyakit mata berupa menurunnya kemampuan melihat sehingga penglihatan tampak kabur, bahkan menyebabkan kebutaan.

Katarak atau kekeruhan lensa mata adalah penyakit mata yang merupakan salah satu penyebab kebutaan terbanyak di Indonesia maupun dunia. Indonesia juga merupakan negara dengan tingkat kebutaan tinggi di dunia.

"Komite Mata Nasional yang baru saja dibentuk menetapkan penyakit katarak sebagai prioritas kami. Kenapa katarak? Sederhana saja, karena katarak bisa disembuhkan," ujar ketua Komite Mata Nasional Andi F. Noya, di Rumah Sakit JEC Kedoya, Jakarta Barat, Sabtu (10/10/2015).

Buta bukan lagi penyakit yang nenjadi masalah pribadi, namun juga menjadi masalah nasional. Kebutaan berakibat menurunnya produktivitas seseorang.

Baca juga: Gejala Mata akan Terserang Katarak

"Karena bisa disembuhkanlah, menjadi prioritas kita. Sayang sekali jika seandainya terkena penyakit katarak tidak disembuhkan. Itu bisa menurunkan produktivitas. Apalagi kalau yang kena kepala keluarga, produktivitas menurun, pendapatan menurun, bisa-bisa sekolah anak harus berhenti. Kan, sayang sekali," lanjut Andi.

Hal ini juga dilakukan demi mewujudkan target pemerintah, Indonesia bebas katarak tahun 2020.

Katarak biasanya menimpa orang usia lanjut, namun kini katarak mulai diidap orang umur produktif. Seringkali katarak menimpa mereka yang tinggal di daerah pesisir.

"Sinar UV adalah salah satu penyebab katarak. Itulah kenapa nelayan lebih mudah terkena katarak dibanding orang yang kerja bertani. Selain karena UV, bisa juga karena salah penggunaan obat mata, walaupun itu masih jarang," tutur Medical Director Rumah Sakit JEC Kedoya Setiyo Budi.

"Baiknya jika ke pantai gunakanlah kacamata yang mengandung anti UV. Jangan gunakan yang hanya buat gaya. Kalau mulai terasa gejala penyakit mata, periksakan ke dokter, jangan hanya beli obat di apotik. Malah kalau salah beli bisa menjadi tambah parah," saran Setiyo Budi.


(ROS)