Studi: Olahraga Bersama Pasangan Tingkatkan Gairah Seksual

Sri Yanti Nainggolan    •    Rabu, 02 Aug 2017 20:37 WIB
olahragatips berolahraga
Studi: Olahraga Bersama Pasangan Tingkatkan Gairah Seksual
Studi: Olahraga Bersama Pasangan Tingkatkan Gairah Seksual (Foto: gettyimages)

Metrotvnews.com, Jakarta: Apakah Anda tipikal yang senang berolahraga? Ternyata, aktivitas fisik tersebut tak hanya baik untuk kesehatan tubuh, tapi juga dapat merangsang seksual.

Dua studi menyimpulkan bahwa wanita lebih terangsang secara seksual 15-30 menit setelah berolahraga. Selain itu, sepertiga pria dan wanita juga menjadi lebih tertarik secara seksual pada pasangan mereka setelah berolahraga.

Studi tersebut berfokus pada peningkatan signifikan dalam psikologis seksual setelah berolahraga. Hasilnya, indikator gairah memuncak 15 menit setelah berolahraga dan tetap tinggi setelah 30 menit.

"Olahaga secara berpasangan juga memiliki dampak positif dalam hubungan dan kehidupan seks. Hampir 70 persen pasangan percaya bahwa olahraga bersama membuat hubungan mereka makin kuat," demikian kesimpulan dari dua studi tersebut.

Sebuah indikator gairah seksual, dikenal dengan VPA, terlihat meningkat secara signifikan setelah 15 menit dan sedikit meningkat pada menit ke 30. Namun, gairah tersebut menurun 5 menit setelah selesai berolahraga, seiring dengan pergantian aliran darah yang membantu memulihkan otot yang telah bekerja.

Penemuan tersebut mendukung gagasan dimana olahraga meningkatkan gairah seksual melalui mekanisme psikologis. Hal tersebut berlawanan dengan pendapat bahwa perubahan psikologis seperti suasana hati atau kepercayaan diri terjadi akibat konsekuensi dari olahraga.

Namun, sebuah studi terbaru yang melibatkan hampir 600 wanita yang memiliki hubungan romantis menunjukkan bahwa olahraga memberi manfaat secara psikologis dan psikis, terutama jika dilakukan bersama pasangan.

Penelitian yang dilakukan oleh operator gym PureGym tersebut menemukan bahwa sepertiga dari partisipan (35 persen) merasa lebih tertarik secara seksual pada pasangan mereka setelah berolahraga bersama.

Secara keseluruhan, wanita merasa olahraga dengan pasangan adalah kunci untuk meningkatkan kekuatan hubungan, sama seperti kebugaran.

Hampir dua pertiga (64 persen) wanita yang olahraga bersama membuat hubungan semakin kuat dan lebih dari setengahnya (51 persen) merasa hubungan dapat bertahan lebih lama.


(ELG)