Cara Mengendalikan Pradiabetes dengan Diet dan Olahraga

Gervin Nathaniel Purba    •    Jumat, 02 Jun 2017 08:00 WIB
kalbe nutritionals
Cara Mengendalikan Pradiabetes dengan Diet dan Olahraga
Kebiasaan makan yang tidak sehat, kurang beraktivitas fisik, dan malas olahraga, dapat memicu diabetes (Foto:Getty Images)

Metrotvnews.com, Jakarta: Diabetes termasuk salah satu penyakit yang menyerang banyak orang dalam beberapa tahun terakhir. Tak cuma menyasar orang tua, kaum muda pun tak sedikit yang divonis mengidap diabetes. Selain genetik, faktor gaya hidup tidak sehat menjadi pemicu meningkatnya penyandang diabetes.

Kebiasaan makan yang tidak sehat, kurang beraktivitas fisik, dan malas olahraga, dapat memicu diabetes. Penyakit ini jangan diremehkan. Lakukan pemeriksaan darah untuk memastikan Anda terbebas dari diabetes. Jika Anda telah didiagnosis memiliki kadar glukosa darah yang lebih tinggi dari angka normal - tahap ini disebut sebagai pra-diabetes-  karena kadar glukosa darah lebih tinggi daripada normal, namun tidak cukup tinggi untuk diagnosis diabetes.

Penting bagi Anda untuk mengetahui bagaimana mengendalikan pra-diabetes dengan diet dan olahraga. Jurnal medis The Lancet menemukan bahwa pasien pradiabetes  56 persen lebih mungkin menghindari diabetes berlanjut dengan menerapkan pola hidup sehat dan diet yang benar.

Sebagai permulaan, Anda perlu menurunkan berat badan dengan memilih makanan sehat, mengendalikan ukuran porsi, kurangi konsumsi lemak, dan meningkatkan aktivitas fisik. Berikut ini, cara yang dapat Anda lakukan.

1. Ubah pola diet

Mengadopsi kebiasaan makanan yang sehat dapat membantu orang kehilangan berat badan dan mengurangi resistensi insulin. Perubahan diet ini harus dilakukan secara bertahap dan menjadi kebiasaan yang dipelihara secara konsisten. Diet ini berlawanan dengan solusi penurunan berat badan yang ekstrem.

2. Rutin berolahraga

Penelitian menunjukkan, pengidap pradiabetes yang rutin melakukan kegiatan fisik selama 30 menit dalam sehari, lima hari dalam seminggu, akan dapat mengurangi risiko diabetes tipe dua. Jadi, jika Anda telah didiagnosis pradiabetes, lakukan setidaknya 30 menit latihan setiap hari dalam seminggu. Untuk hasil terbaik lakukan aktivitas aerobik yang menggunakan otot dan meningkatkan denyut jantung. Kegiatan aerobik meliputi jalan cepat, menaiki tangga, berenang, dan menari.

Selain cara tersebut, cobalah rutin mengonsumsi susu yang membantu mencukupi nutrisi harian. Khusus bagi penyandang diabetes atau pradiabetes dapat mengonsumsi Diabetasol. Ini adalah asupan nutrisi pengganti makan yang lengkap dan seimbang untuk penyandang diabetes.

Keunggulan Diabetasol yaitu nilai gizinya lengkap dan seimbang sehingga bisa digunakan sebagai pengganti makan, Vitadigest yang merupakan kombinasi karbohidrat lepas lambat sehingga kenaikan gula darah setelah makan tidak meningkat secara drastis, serta Indeks Glikemiknya rendah (31) sehingga dapat diserap perlahan-lahan oleh tubuh.

Diabetasol tersedia dalam pilihan rasa cokelat, vanila, dan cappucino yang bisa dipilih sesuai selera. Diabetasol dapat diminum setiap hari, yaitu 2 gelas/hari sebagai pengganti makan utama (pagi dan malam) atau pengganti makan total (Per 60 gr/saji mengandung kalori 260 kkal).


(ROS)