Cara Mudah Mencegah Penyakit Diabetes

Torie Natalova    •    Senin, 14 Aug 2017 12:27 WIB
diabetes
Cara Mudah Mencegah Penyakit Diabetes
Mereka yang berusia masih muda namun memiliki memiliki kolesterol tinggi, kelebihan berat badan dan keturunan diabetes, sebaiknya segera melakukan pengecekan darah. (Foto: Focus Dzign/Shutterstock)

Metrotvnews.com, Jakarta: Prediabetes merupakan sebuah kondisi dimana kadar gula darah sedikit lebih tinggi dari normal dan ini bisa berkembang menjadi diabetes dalam kurun waktu 10 tahun. Namun, banyak dari mereka yang memiliki kondisi prediabetes tidak berusaha mengurangi risikonya dengan menjaga pola makan dan berat badan.

Apabila Anda bertubuh gemuk, sangat penting untuk menurunkan berat badan. Meski hanya sedikit, mengurangi berat badan sangat mempengaruhi risiko terkena diabetes.

Mengurangi berat badan bisa dilakukan dengan melakukan olahraga. Olahraga ringan seperti jalan kaki dapat membantu mengurangi risiko terkena diabetes.

Rutin berjalan kaki selama 35 menit setiap hari dapat menurunkan risiko diabetes hingga 80 persen. Studi menunjukkan bahwa jalan kaki membantu tubuh memanfaatkan hormon insulin lebih efisien dengan meningkatkan jumlah reseptor insulin pada sel-sel tubuh Anda.

Insulin membantu gula darah bergerak ke dalam untuk menyediakan energi dan nutrisi. Selain itu, insulin bisa mengaduk-aduk di dalam aliran darah, membeku di dinding pembuluh darah sehingga menyebabkan masalah kesehatan yang serius.

Mengganti pola makan dengan memperbanyak sayuran yang dicampur saus asam sebelum menyantap hidangan bertepung dapat membantu mengontrol kadar gula darah Anda. 

Sebuah studi menunjukkan bahwa cuka mengandung asam asetat yang dapat mengnonaktifkan enzim pati sehingga memperlambat pencernaan karbohidrat.

Menghindari makanan cepat saji juga penting untuk penderita prediabetes. Mengosumsi makanan cepat saji lebih dari dua kali seminggu dapat meningkatkan kenaikan berat badan dan mengembangkan tingkat resistensi insulin, faktor pemicu diabetes tipe 2.

Selain hal di atas, ada beberapa cara untuk mengurangi risiko terkena diabetes seperti berikut.

(Baca juga: Meningkatkan Kualitas Hidup Penderita Diabetes)



1. Minum kopi
Peneliti dari Harvard School of Public Health menemukan bahwa peminum kopi memiliki 54 persen lebih rendah mengembangkan risiko terkena diabetes tipe 2. 

Peneliti menduga bahwa kafein dapat membantu meningkatkan metabolisme. Kopi mengandung kalium, magnesium dan antiosidan yang membantu sel menyerap gula. Tapi ingat, cukup konsumsi 2 cangkir kopi sehari.



2. Hindari daging merah dan makanan olahan
Studi di Brigham and Women's Hospital menunjukkan, wanita yang makan daging merah dan daging olahan seperti bacon dan hot dog setidaknya lima kali seminggu meningkatkan risiko diabetes tipe 2 hingga 43 persen. Kolesterol pada daging merah dan zat aditif di makanan olahan adalah pemicu masalah ini.



3. Konsumsi kayu manis
Cobalah untuk memperbanyak konsumsi kayu manis karena dipercaya bisa mengendalikan gula darah yang tinggi. Komponen dalam kayu manis dapat mengaktifkan enzim yang merangsang reseptor insulin. Bubuk kayu manis juga terbukti mampu menurunkan kolesterol dan trigliserida, lemak darah yang dapat menyebabkan diabetes.



4. Hindari stres dan cukup tidur
Stres kronis bisa meningkatkan kadar gula darah. Jika sel-sel Anda menahan insulin, gula akan menumpuk di aliran darah Anda dan tidak ada tempat untuk pergi. Karenanya, cobalah mengatur tingkat stres Anda.

Cukup tidur juga bisa menghambat perkembangan diabetes. Pasalnya, ketika Anda tidur terlalu sebentar atau terlalu lama, sistem saraf tetap bekerja sehingga mempengaruhi hormon yang meningkatkan gula darah. 



5. Cek gula darah
Sebuah tes darah yang sederhana bisa menunjukkan kadar gula darah Anda. Mengetahui kadar gula darah Anda bisa mencegah diabetes. Mereka yang berusia masih muda namun memiliki memiliki kolesterol tinggi, kelebihan berat badan dan keturunan diabetes, sebaiknya segera melakukan pengecekan darah.











(TIN)