Benarkah Peralatan Olahraga di Gym Lebih Kotor daripada Dudukan Toilet Anda?

Yatin Suleha    •    Selasa, 15 Aug 2017 11:52 WIB
olahraga
Benarkah Peralatan Olahraga di Gym Lebih Kotor daripada Dudukan Toilet Anda?
Sebiknya Anda mandi atau setidaknya cuci tangan hingga benar-benar bersih agar Anda tetap sehat selesai berolahraga. (Foto: Andrew Pons/Unsplash.com)

Metrotvnews.com, Jakarta: Pernahkah Anda menyadari bahwa pemakaian berbagai alat di tempat olahraga atau gym memiliki bakteri yang lebih banyak daripada dudukan toilet di kamar mandi Anda?

Website yang mereview tentang peralatan fitness, yaitu FitRated.com, mengatakan bahwa sampel dari 27 alat dari tiga cabang gym yang besar di Amerika memiliki hasil yang cukup mengejutkan. Dan ini membuat Anda mungkin jadi langsung ingin mandi setelah selesai berolahraga.



Alat angkat beban (free weights) memiliki 1.1 juta bentuk-koloni bakteri per seperempat inci menurut FitRated.com. Dalam studi yang diadakan oleh the National Sanitation Foundation di Amerika, menemukan 172 CFI per seperempat inchi di dudukan toilet. Perbandingan ini tentu saja mengejutkan.

The National Sanitation Foundation bahkan mempelajarinya dari toilet di bangku sekolah dasar, yang mana ini adalah toilet yang dipercaya toilet paling kotor jika dibandingkan dengan toilet rumahan.

(Baca juga: 4 Aksesoris yang Membuat Anda Semakin Aman di Gym)

Treadmill  dan sepeda statis malah menduduki tingkat yang paling parah, yaitu 7,752 kali bakteri jika dibandingkan dengan dudukan toilet di rumah. Objek-objek tersebut bahkan punya lebih banyak bakteri dibandingkan alas toilet rumahan.

Langsung memegang permukaan alat-alat olahraga di gym tidak langsung membuat Anda sakit. Tapi, faktanya 70 persen bakteri dari peralatan tersebut menurut FitRated.com secara potensial bisa membahayakan dan ini tentu saja tidak membuat Anda nyaman.



Jika Anda memang menyukai untuk berolahraga di gym, pastikan datang lebih awal untuk mengantre alat yang dipakai oleh orang sebelum Anda, lalu tunggu hingga kira-kira setengah jam sebelum Anda memakainya. 

Jika Anda berbaik hati, Anda bisa membersihkan alat olahraga yang ingin Anda pakai sebelum berolahraga. "Hindari tangan kontak dengan bagian muka secara langsung saat Anda berolahraga. Mandi atau setidaknya cuci tangan hingga benar-benar bersih agar Anda tetap sehat selesai berolahraga," ucap Kelly Reynolds, microbiologist dan associate professor di the Zuckerman College of Public Health di Arizona, Amerika.












(TIN)