Cara Ini Menghindari Tanda Kerutan Akibat Penurunan Berat Badan

Sri Yanti Nainggolan    •    Jumat, 18 Aug 2017 11:56 WIB
kesehatan kulit
Cara Ini Menghindari Tanda Kerutan Akibat Penurunan Berat Badan
Kulit bisa kehilangan elastisitas bila penurunan berat badan tak stabil karena hilangnya serat kolagen dalam dermis (lapisan teratas kulit). Oleh karena itu hindari pola diet yang drastis. (Foto: Ay Ogunseinde/Unsplash.com)

Metrotvnews.com, Jakarta: Kulit yang mengerut adalah salah satu dampak dari penurunan berat badan yang jelas terlihat. Namun, bukan berarti masalah ini tak bisa dihindari. 

Berikut adalah beberapa tips yang bisa dilakukan saat menjalankan program diet tanpa membuat kulit mengerut nantinya. 



1. Menurunkan berat badan secara perlahan
Kulit bisa kehilangan elastisitas bila penurunan berat badan tak stabil karena hilangnya serat kolagen dalam dermis (lapisan teratas kulit). Oleh karena itu hindari pola diet yang drastis. 



2. Peregangan tiap hari
Lakukan peregangan ringan ketika berolahraga setiap hari. Peregangan dapat meningkatkan elastisitas dan sirkulasi kulit sehingga mencegah timbulnya kerut pada kulit. 

(Baca juga: 4 Tindakan yang Bisa Merusak Kulit Wajah)



3. Konsumsi vitamin A, C, dan E
Pilihlan makanan yang tinggi akan vitamin A, C, dan E. Vitamin A membantu memperbaiki jaringan kulit, vitamin C membantu produksi kolagen, dan vitamin E membantu menjaga keutuhan membran kulit. 



4. Minum delapan gelas air per hari
Konsumsi banyak air menjaga tubuh tetap terhidrasi. Dehidrasi dapat menyebabkan kulit kering, mengurangi elastisitas kulit dan memicu munculnya kulit kerut. 



5. Gunakan lebih banyak lotion atau krim kulit
Cobalah menggunakan losion atau krim kulit untuk meningkatkan produksi kolagen dan mencegah kulit kerut. Anda bisa meminta saran ahli kulit untuk diresepkan krim retinoid yang dapat mencegah kulit kerut. 










(TIN)