4 Tipe Pengunjung Facebook Berdasarkan Survei

Yatin Suleha    •    Jumat, 14 Jul 2017 07:52 WIB
psikologi
4 Tipe Pengunjung Facebook Berdasarkan Survei
Anda mungkin punya banyak alasan untuk berselancar di FB ini, namun beberapa profesor dari Brigham Young University ini benar-benar ingin mencari tahu tentang motivasi yang ada di balik alasan orang membuka FB. (Foto: News18.com)

Metrotvnews.com, Jakarta: Siapa yang tak kenal dengan Facebook. Media sosial yang kerap disingkat menjadi FB ini sudah mencapai angka 1,28 miliar pengunjung. 

Anda mungkin punya banyak alasan untuk berselancar di FB ini, namun beberapa profesor dari Brigham Young University ini benar-benar ingin mencari tahu tentang motivasi yang ada di balik alasan orang membuka FB tersebut.



"Apa yang membuat media-sosial ini seakan merajai dunia?" Ucap Tom Robinson dalam Eurekalert. "Mengapa orang sangat mau sebagian kehidupannya terpampang di sini? Tidak ada orang yang pernah bertanya tentang hal ini sebelumnya? Dan mengapa Anda juga menyukainya?"

Untuk mencari tahu berbagai alasan tersebut, Robinson dan tim telah meneliti 48 statemen yang mengidentifikasi alasan mengapa orang mengunjungi FB. Skala para partisipan terlihat dari "sebagian besar seperti aku" sampai "sedikit seperti aku", lalu interview tentang hal tersebut lebih jauh tergali lagi.

Menurut studi, ditemukan bahwa kebiasaan Anda mengklasifikasikan Anda dalam ber-FB dengan 4 macam;

1. Tipe membangun hubungan

2. Tipe pemberitaan umum

3. Tipe selfie (swafoto) dan

4. Tipe hanya melihat-lihat informasi saja

Tipe yang manakah Anda? Berikut penjelasannya:

(Baca juga: Media Sosial Dorong Tingkat Konsumsi Generasi Milenial)



1. Tipe Membangun Hubungan
Tipe ini bisa digambarkan dengan respons yang diposting bertujuan untuk menambah hubungan di luar hubungan asli kehidupan mereka. "Entah itu terhadap keluarga, teman, sahabat, dan lainnya. Media ini juga bisa mengekspresikan tanda sayang atau cinta mereka."

2. Tipe Pemberitaan umum
Tipe ini memiliki kesejangan yang cukup besar antara dunia riil dengan virtual. Mereka tidak terlalu suka memberikan berbagai posting foto, informasi di dinding informasi mereka. Namun, mereka menjadikan FB sebagai salah satu sarana informasi berita dalam kehidupan mereka sehari-hari.

3. Tipe selfie
Tipe ini seperti memasarkan diri Anda sendiri dalam pemahaman pengguna FB. Mereka tak hanya memajang foto, bahkan ada video, dan banyak lagi. Tipe ini memilki tujuan untuk mencari perhatian. Dalam studi ini bisa digambarkan dengan "Lebih banyak 'Like" yang didapat, berarti saya diakui oleh banyak orang."

4. Hanya Melihat-lihat informasi
Mirip dengan tipe "Pemberitaan Umum", namun yang membedakan adalah mereka merasa tak wajib memberitahukan tentang diri, berita, atau apa pun yang baru dalam hidup Anda. Mereka hanya suka melihat aktivitas orang lain, dan analoginya adalah tipe ini seperti orang yang senang melihat "run away" dalam peragaan busana. Mereka hanya senang melihat-lihat saja.

Anda ragu, tipe manakah Anda? Jangan bingung, karena para peneliti mengatakan bahwa satu orang bisa mengalami beberapa tipe sekaligus. Misalnya, Anda merupakan tipe selfie sekaligus tipe pemberitaan umum, dan kombinasi yang lainnya.










(TIN)