Selain Kurang Tidur, 3 Hal Ini Jadi Penyebab Anda Mengidam Makanan Asin

Nia Deviyana    •    Selasa, 31 Oct 2017 13:30 WIB
diet
Selain Kurang Tidur, 3 Hal Ini Jadi Penyebab Anda Mengidam Makanan Asin
(Foto: Medicalnewstoday)

Metrotvnews.com, Jakarta: Mengidam makanan asin sering terjadi ketika sore hari, saat seseorang merasa suntuk atau lelah bekerja. Hal itu masih tergolong wajar selama Anda tidak ngemil makanan asin secara berlebihan.

Namun, beda cerita jika Anda selalu menginginkan makanan asin setiap saat. Para ahli meyakini, kecanduan makanan asin merupakan sinyal ada yang tidak beres dalam tubuh. Seperti dilansir Medical News Today berikut ini.

1. Stres

Saat stres, seseorang akan menginginkan makanan yang dapat membuat perasaan menjadi nyaman, seperti makanan manis atau asin.

2. Kurang tidur

Orang yang kurang tidur seringkali mendambakan camilan yang asin dan renyah. Sebuah studi yang diterbitkan dalam Jurnal Sleep menemukan, mereka yang kurang tidur cenderung tidak bisa menahan hasrat untuk mengonsumsi makanan manis atau asin.

3. Keringat berlebihan

Keringat mengandung garam, jadi saat seseorang berkeringat, kadar sodium dalam tubuh menurun sehingga wajar jika Anda menginginkan makanan asin agar tubuh tidak lemas. Namun, disarankan untuk mengimbanginya dengan asupan air untuk menekan konsumsi makanan asin berlebihan.

4. Penyakit addison

Penyakit addison, atau dikenal juga sebagai insufiensi adrenalin merupakan kondisi di mana kelenjar adrenal tidak menghasilkan cukup hormon. Adrenalin mengendalikan respons tubuh terhadap stres dan tekanan darah. Akibatnya, penderita addison bisa mengidap tekanan darah yang sangat rendah dan menginginkan makanan asin setiap saat.




(DEV)