Beberapa Alasan Mengapa Berat Badan Si Kecil Sulit Naik

Sri Yanti Nainggolan    •    Sabtu, 10 Feb 2018 14:28 WIB
perkembangan anak
Beberapa Alasan Mengapa Berat Badan Si Kecil Sulit Naik
Beberapa Alasan Mengapa Berat Badan Si Kecil Sulit Naik (Foto: shutterstock)

Jakarta: Pertambahan berat badan adalah salah satu patokan apakah nutrisi anak selama masa tumbuh kembang terpenuhi dengan baik. Namun, bagaimana jika tak ada perubahan signifikan sesuai dengan Kartu Menuju Sehat (KMS)?

"Dalam kondisi ini, coba lihat asupan makanan. Tak cuma kualitas yang diperhatikan, namun juga kuantitas," ujar dokter anak dr. Meta Hanindita, Sp. A dalam peluncuran dua buku parenting Mommyclopedia.

Menurutnya, porsi makan anak juga sebaiknya bertambah sesuai dengan pertambahan usia di mana kandungan protein, karboidrat, lemak, dan mikronutrisi lain terlengkapi.

Jika tak memberikan perubahan, orang tua bisa mencari tahu lebih spesifik ke tenaga profesional, untuk melihat adanya kemungkinan gangguan metabolisme atau infeksi pada tubuh si kecil.

"Untuk beberapa penyakit, seperti tuberkulosis, gejala yang muncul pada anak tak selalu batuk, namun penurunan berat badan," tambah dr. Meta.

Selain itu, alergi juga bisa menjadi salah satu penyebab umum mengapa tak terjadi pertambahan berat badan. Adanya gangguan penyerapan makanan akibat alergi membuat nutrisi untuk anak pun terhambat.

Ia menambahkan, bila bila berat badan anak tak bertambah dalam kurun waktu dua bulan, sebaiknya segera dikonsultasikan ke dokter.


 


(ELG)