5 Peradangan yang Mengacaukan Kesehatan Anda

Torie Natalova    •    Selasa, 25 Jul 2017 10:55 WIB
kesehatan
5 Peradangan yang Mengacaukan Kesehatan Anda
85 persen wanita mengalami gejala PMS setiap siklus haid seperti kram perut. Namun, peradangan dapat memicu masalah kram, sakit punggung, ngidam makanan, kembung dan nyeri payudara. (Foto: Squaredpixels/iStock)

Metrotvnews.com, Jakarta: Sebuah penyakit akan muncul di tubuh Anda akibat adanya peradangan. Seringkali, peradangan kronis berhubungan erat dengan beberapa masalah mulai dari PMS (pre-menstrual syndrome) hingga diabetes.

Ada beberapa tanda tubuh Anda mengalami masalah akibat peradangan kronis. Salah satunya adalah munculnya jerawat. Munculnya jerawat seringkali diketahui akibat kombinasi sel kulit mati dan minyak yang menyumbat pori-pori dan bercampur dengan bakteri.

Tapi, bukti menunjukkan bahwa peradangan memainkan peran penting munculnya jerawat. Peneliti menemukan peningkatan tingkat peradangan pada tingkat sel kulit pasien sebelum bintik-bintik muncul. Apapun yang terjadi pada kulit adalah manifestasi luar dari sesuatu yang terjadi di dalam.

(Baca juga: 5 Makanan pemicu Peradangan di Tubuh)

Seringkali, intoleransi terhadap beberapa produk susu mungkin memacu peradangan yang bisa menyebabkan jerawat. Selain jerawat, peradangan juga bisa menyebabkan beberapa masalah kesehatan seperti berikut.



1. Anda mengalami kram yang menyakitkan
85 persen wanita mengalami gejala PMS setiap siklus haid seperti kram perut. Namun, peradangan dapat memicu masalah kram, sakit punggung, ngidam makanan, kembung dan nyeri payudara. Peradangan umumnya dipicu karena gaya hidup tak sehat seperti merokok, konsumsi gula berlebih dan makan makanan berlemak tinggi.



2. Anda mengalami sembelit
Mungkin Anda hanya membutuhkan makanan berserat dan minum banyak air untuk mengatasi sembelit. Tapi, jika sembelit masih tetap terjadi, peradangan yang terjadi setelah makan makanan yang memicu masalah pada tubuh Anda bisa menjadi penyebab utamanya.



3. Berat badan bertambah
Bila Anda memiliki tingkat peradangan berlebih, tubuh mungkin akan merespons dengan menyimpan lemak dalam tubuh. Stres dan kadar hormon yang tinggi dapat mengubah tubuh memproses makanan sehingga lebih banyak lemak dan peradangan akan meningkat dalam tubuh Anda. Diet sehat sangat penting untuk mengatasi kondisi ini dan kurangi stres kronis.



4. Anda memiliki gigi yang sensitif
Kebersihan mulut yang buruk dapat menyebabkan peradangan di tempat lain dalam tubuh. Sebuah studi terbaru menemukan bahwa dokter gigi dapat mendeteksi kondisi yang tidak terdiagnosis hanya dengan melihat bagian dalam mulut Anda. Diabetes adalah salah satunya. 

Jika tidak dikelola dengan baik, kadar gula darah yang tidak terkontrol akibat diabetes dapat memicu gusi berdarah, infeksi gigi dan kehilangan tulang di sekitar gigi. Diabetes tipe 2 dapat diketahui dari kondisi mulut seseorang. Ini tentu sangat membantu penderita diabetes yang seringkali tidak menyadari dirinya mengidap penyakit ini.











(TIN)