Kebiasaan Sehari-hari Penyebab Postur Tubuh Memburuk

Sri Yanti Nainggolan    •    Rabu, 19 Apr 2017 07:00 WIB
kesehatan
Kebiasaan Sehari-hari Penyebab Postur Tubuh Memburuk
Kebiasaan Sehari-hari Penyebab Postur Tubuh Memburuk (foto: gettyimages)

Metrotvnews.com, Jakarta: Postur tubuh yang baik membuat penampilan seseorang semakin menunjang. Namun, beberapa kebiasaan sehari-hari tanpa disadari dapat merusak postur tubuh yang semula baik.

Berikut adalah beberapa kebiasaan yang perlu diubah agar postur tubuh tetap baik dan terhindar dari sakit punggung.

1. Mengangkat beban berat sebelah
Bagi pengguna tas samping, sebaiknya tidak melulu memakai salah satu bahu untuk menopang beban. Cobalah seimbangkan beban yang dibawa dengan membagi beban pada tas dan membawanya dengan tangan pada tangan lain. Sebuah studi dari Teessude University mengungkapkan bahwa membawa beban berat sebelah dapat menyebabkan nyeri otot dan punggung lama-kelamaan. Cobalah menggunakan tas samping secara bergantian pada kedua bahu. Sleain itu, usahakan beban yang dibawa ringan.

2. Membungkuk terus
Jika Anda terus membungkuk saat melihat ke arah komputer saat bekerja, cobalah naikkan layar komputer. Melihat lurus ke arah depan dapat mencegah sakit leher dan bahu.

3. Membungkuk saat melihat ponsel
Pernahkan Anda memerhatikan postur tubuh saat sibuk dengan smartphone? Kepala membungkuk dan tulang punggung melengkung. Untuk menghentikan kebiasaan tersebut, cobalah untuk membuat telinga sejajar dengan bahu sehingga secara otomatis tulang belakang akan lurus dan tekanan pada leher berkurang.

4. Menyilangkan kaki
Kebiasaan tersebut ternyata membuat tulang punggung tidak tegak. Pastikan bahu dan pinggul Anda sejajar dan kaki tetap rata di lantai. Memang sulit pada awalnya, namun kebiasaan tersebut akan membuat tulang belakang dan bagian bawah tetap terjaga penampilannya.

5. Kursi terlalu rendah
Kursi yang terlalu rendah dapat menyebabkan postur tubuh memburuk. Untuk memastikannya, perhatikanlah apakah siku membentuk sudut 90 derajat saat mengetik. Sebaiknya  naikkan dudukan kursi agar otot-otot pada daerah tersebut tidak menegang sehingga menyebabkan bahu mengerut.

6. Kurang peregangan
Meski terdengar sepele, ternyata aktivitas sederhana ini dapat memengaruhi postur tubuh. Cobalah meletakkan tangan kiri bada bagian kanan kepala dan tekan kepala ke bawah selam 30 detik. Lakukan secara bergantian. Ulangi gerakan tersebut dua kali sehari agar otot di sekitar leher tidak tegang sepanjang hari.


 


(ELG)