Sehatkah Makan Sayur yang Lembek?

Sri Yanti Nainggolan    •    Kamis, 13 Jul 2017 07:00 WIB
kesehatan
Sehatkah Makan Sayur yang Lembek?
Dr. Reisa Broto Asmoro menyarankan bila mengonsumsi makanan lembek, sebaiknya disampingi dengan makanan sehat agar kebutuhan nutrisi dalam tubuh tetap terpenuhi. (Foto: layalina)

Metrotvnews.com, Jakarta: Setiap orang memiliki selera pemasakan yang berbeda, dari yang tak dimasak hingga matang atau justru kelembekan. Namun, baikkah bila makan makanan lembek yang dimasak terlalu lama?

Banyak orang beranggapan bahwa makanan yang lembek telah kehilangan kandungan nutrisi penting karena telah terbuang saat proses pemasakan.

(Baca juga: Seberapa Banyak Harus Makan Buah dan Sayur?)

"Kalau makanan terlalu matang, lebih baik dinikmati dari segi rasa saja," pungkas dr. Reisa Broto Asmoro selaku dokter sekaligus presenter acara kesehatan di salah satu stasiun TV swasta dalam peluncuran Lemari Es Polytron Belleza 3, Rabu 12 Juli 2017.



Hal ini dikarenakan nutrisi memang sudah banyak yang terbuang dan tujuan utama dari pemasakan yang lama memang untuk mengunggulkan rasa masakan. 

"Kalau mencari kandungan gizi untuk nurisi dan antioksidan, tentunya lebih banyak pada makanan segar," katanya.

Ia menyarankan, bila mengonsumsi makanan lembek, sebaiknya disampingi dengan makanan sehat agar kebutuhan nutrisi dalam tubuh tetap terpenuhi.









(TIN)