6 Makanan Terbaik untuk Wanita Lanjut Usia

Torie Natalova    •    Minggu, 14 May 2017 13:58 WIB
tips kesehatan
6 Makanan Terbaik untuk Wanita Lanjut Usia
(Foto: Usnews)

Metrotvnews.com, Jakarta: Wanita rentan mengalami berbagai masalah kesehatan. Terlebih, seiring bertambahnya usia. Makanan, merupakan salah satu faktor yang memberi pengaruh besar bagi kesehatan. Semakin tua, wanita membutuhkan beberapa makanan yang bermanfaat untuk kebugaran tubuhnya.

Berikut ini, adalah lima makanan yang dapat mendukung wanita seiring bertambahnya usia.

1. Susu yang padat vitamin D

Seiring bertambahnya usia, kemampuan kulit untuk membuat vitamin D dari sinar matahari menurun. Usus dan ginjal kehilangan beberapa kemampuan untuk menyerap dan mengubah vitamin D menjadi bentuk aktif, yang dibutuhkan tubuh untuk menyerap kalsium penguat tulang dan melawan osteoporosis penipisan tulang. Kebanyakan wanita kekurangan vitamin D karena tidak minum susu yang cukup kandungan vitamin D.

2. Sereal gandum utuh dengan vitamin B12

Vitamin B12 sangat penting untuk kesehatan saraf dan sel darah merah, tetapi ini hanya ditemukan secara alami pada makanan hewani seperti unggas, daging dan ikan. Orang dewasa yang lebih tua mengalami penurunan sekresi asam klorida di perut mereka yang membantu tubuh menyerap bentuk alami dari vitamin B12. Namun, vitamin B12 adalah sintetis yang dapat ditambahkan ke makanan seperti sereal gandum utuh.

3. Salmon kalengan

Penyakit jantung adalah penyebab kematian nomor 1 di antara wanita pascamenopause. Wanita yang lanjut usia setidaknya harus makan ikan setiap minggu terutama jenis ikan berlemak sehat seperti salmon. Ikan ini juga sumber protein yang sangat baik untuk wanita paruh baya.

4. Kentang panggang

Kentang adalah sumber potasium yang luar biasa, terjangkau dan kaya nutrisi untuk membantu menurunkan tekanan darah tinggi yang sering dialami wanita lanjut usia. Menambahkan makanan kaya kalium dapat membantu menghindari tekanan darah tinggi dan ini dapat mengurangi risiko stroke, penyebab utama kematian di kalangan wanita.

5. Kale

Katarak merupakan salah satu masalah yang dialami orang lanjut usia. Sayangnya, katarak yang dapat mengganggu penglihatan ini lebih sering terjadi pada wanita. Kale, sayuran yang kaya dengan dua fitokimia yaitu lutein dan zeaxanthin dapat mengurangi risiko katarak tersebut. Sayuran berdaun hijau lainnya seperti bayam dan selada romaine juga merupakan sumber fitokimia yang baik.


(DEV)