Manfaat Terselubung Merasa Khawatir

Sri Yanti Nainggolan    •    Sabtu, 13 May 2017 18:10 WIB
psikologi
Manfaat Terselubung Merasa Khawatir
Manfaat Terselubung Merasa Khawatir (Foto: istock)

Metrotvnews.com, Jakarta: Meskipun rasa khawatir membuat perasaan menjadi tak baik, ternayata perasaan tersebut memberikan manfaat mengejutkan.

Menurut para psikolog, rasa khawatir memotivasi orang untuk terlibat dalam perilaku yang berpotensi menyehatkan mereka. Misalnya, mereka yang takut terkena kanker kulit akan menggunakan tabir surya sebagai bentuk pencegahan dan melakukan deteksi dini seperti mammogram untuk pecegahan kanker payudara.

"Meskipun memiliki reputasi negatif, tidak semua kekhawatiran itu merusak atau bahkan sia-sia," kata penulis utama Kate Sweeny, seorang profesor psikologi di University of California, Riverside, dalam sebuah pernyataan.

Namun, meskipun  memberikan manfaat tertentu, hubungan antara kekhawatiran dan perilaku seperti itu tergolong masih kompleks dan tergantung pada tingkat kekhawatiran.

Penelitian sebelumnya menunjukkan bahwa wanita yang mengalami tingkat kekhawatiran sedang cenderung lebih sering melakukan skrining kanker dibandingkan wanita yang jarang merasa cemas.

"Sepertinya rasa kahwatir yang terlalu banyak atau sedikit dapat mengganggu motivasi, namun bila dalam kapasitas yang pas dapat memotivasi dengan baik," tambahnya.

Editorial tersebut melihat pada kekurangan dan kelebihan dari kekhawatiran. Misalnya, rasa khawatir memiliki kelemahan seperti memberi rasa cemas, pusing, sulit berkonsentrasi, dan masalah tidur.

Namun, ada juga efek positifnya, seperti akan memotivasi seseorang untuk bertindak, menyiapkan diri untuk kejadian negatif yang akan dialami, dan menimbulkan apresiasi yang lebih baik pada pengalaman positif dalam hidup.

Misalnya, seseorang yang sudah mencemaskan hal terburuk dalam suatu situasi, maka akan siap dengan berita buruk yang diterima dengan tingkat kekecewaan yang berkurang. Namun, bila orang tersebut menerima kabar baik, maka perasaan girang yang muncul akan lebih besar dibandingkan mereka yang tidak memiliki kekhawatiran.


(ELG)