Studi: Tersenyum Membuat Wajah Terlihat Dua Tahun Lebih Tua

Sri Yanti Nainggolan    •    Jumat, 12 May 2017 06:00 WIB
studi kesehatan
Studi: Tersenyum Membuat Wajah Terlihat Dua Tahun Lebih Tua
Sebuah penelitian menyebutkan bahwa tersenyum membuat wajah terlihat dua tahun lebih tua, dibandingkan memasang ekspresi datar. (Foto: Pinterest/Lively)

Metrotvnews.com, Jakarta: Banyak orang berkata ekspresi tersenyum membuat awet muda. Sebuah penelitian menyebutkan bahwa tersenyum membuat wajah terlihat dua tahun lebih tua, dibandingkan memasang ekspresi datar. 

Para peneliti menyoroti serangkaian gambar dari orang-orang yang sama dengan berbagai ekspresi: tersenyum, netral, dan terkejut; pada 40 partisipan dan menemukan bahwa para responden menganggap ekspresi terkejut memberi kesan lebih muda dan ekspresi tersenyum adalah yang paling tua. 

(Baca juga: Awet Muda dengan 4 Cara Mudah)

"Hal yang mencolok adalah ketika kami meminta kepada para peserta tentang persepsi mereka, mereka secara keliru mengingat bahwa mereka telah mengidentifikasi wajah tersenyum sebagai yang termuda," kata penulis utama Melvyn Goodale, direktur Brain and Mind Institute di Western University, Kanada. 

Ia menambahkan, para responden telah benar-benar buta pada kenyataan dimana wajah bahagia dapat membuat seseorang terlihat lebih tua. Ini berarti, persepsi dan keyakinan mereka bententangan. 

Goodale berpendapat bahwa efek menua muncul karena adanya garis yang muncul di pinggir mata saat tersebut, yang umumnya identik dengan keriput. 







(TIN)