Studi: Rutin Konsumsi Kopi Bikin Panjang Umur

Sri Yanti Nainggolan    •    Kamis, 31 Aug 2017 12:56 WIB
studi kesehatan
Studi: Rutin Konsumsi Kopi Bikin Panjang Umur
(Foto: NJ)

Metrotvnews.com, Jakarta: Kebiasaan minum kopi ternyata memberi banyak manfaat, salah satunya mengurangi risiko kematian dini. Sebuah penelitian menunjukkan bahwa orang yang mengonsumsi minimal empat cangkir kopi per hari dapat menurunkan risiko kematian akibat berbagai hal sebesar 64 persen, dibandingkan mereka yang hampir tak pernah minum kafein.

Untuk Anda yang tak bisa minum dalam jumlah banyak, konsumsi kopi setidaknya dua cangkir per hari dapat menurunkan risiko kematian secara umum sebanyak 22 persen.

"Kopi adalah minuman yang paling banyak dikonsumsi orang di dunia," ujar Adela Navarro, ahli jantung Hospital de Navarra di Spanyol seperti dikutip dari The Health Site.

"Kami menemukan adanya hubungan positif antara minum kopi dan risiko kematian pada mereka yang berusia 45 tahun ke atas. Kemungkinan penyebabnya adalah adanya perlindungan yang lebih kuat pada partisipan lansia," tambahnya.

Hasil penelitian tersebut dipresentasikan dalam European Society of Cardiology Congress di Barcelona.

Studi tersebut melibatkan 19.896 partisipan dengan rata-rata usia 37,7 tahun. Selama sepuluh tahun masa penelitian, 337 partisipan meninggal dunia.

Mereka yang berusia minimal 45 tahun dan minum dua cangkir kopi per hari terlihat mengalami penurunan risiko kematian sebesar 30 persen.

Beberapa studi sebelumnya menunjukkan bahwa konsumsi lima cangkir kopi per hari dapat menurunkan risiko kanker hati hingga setengahnya, sementara tiga cangkir per hari dapat menurunkan risiko kanker prostat dalam jumlah yang sama.

Kopi mengandung beberapa komponen yang berinteraksi dengan tubuh seperti kafein, diterpen, dan antioksidan, dimana para peneliti percaya dapat memberi dampak positif. Kopi juga kaya akan antioksidan, anti-peradangan, antikarsinogen, dan komponen lain yang dapat menurunkan riaiko kanker hati kronik.

Namun, mengonsumsi kopi haruslah disesuaikan dengan kesehatan. Untuk Anda yang memiliki maag atau gangguan pencernaan, sangat tidak disarankan mengonsumsi minuman ini.




(DEV)