5 Kebiasaan Penyebab Varises

Sri Yanti Nainggolan    •    Sabtu, 12 Aug 2017 14:36 WIB
varises
5 Kebiasaan Penyebab Varises
5 Kebiasaan Penyebab Varises (Foto: gettyimages)

Metrotvnews.com, Jakarta: Beberapa kebiasaan sehari-hari tanpa disadari dapat menyebabkan timbulnya penyakit, salah satunya adalah varises.

Varises adalah kondisi di mana urat nadi halus pada bagian kaki melebar atau terbelit dan dapat menimbulkan rasa sakit sewaktu-waktu.

Berikut adalah beberapa kebiasan yang dapat menyebabkan varises, seperti dilansir The Health Site.


1. Berdiri berjam-jam
Kebiasaan ini bisa muncul karena faktor pekerjaan. Berdiri pada satu tempat dalam kurun waktu lama dapat memicu varises. Cobalah berjalan-jalan beberapa kali untuk menghindarinya.

Berdiri terlalu lama dapat menyebabkan tekanan  pada urat nadi sehingga terjadi penumpukan darah. Jika dilakukan dalam jangka panjang, dinding urat bisa melemah dan merusak pembuluh darah.

2. Duduk terlalu lama
Sama seperti berdiri, duduk selama berjam-jam umumnya dialami mereka yang bekerja di dalam ruangan. Namun, tak banyak yang tahu bahwa aktivitas kurang gerak tersebut dapat menyebabkan varises. Untuk menghindarinya, cobalah berjalan-jalan sejenak.

3. Menggunakan sepatu hak tinggi
Saat berjalan biasa, otot besi bertindak seperti pompa untuk membantu proses pengaliran darah dalam urat nadi. Menggunakan sepatu hak tinggi membuat aktivitas tersebut terhalang karena perubahan posisi sehingha darah tak bisa terpompa efisien. Dengan demikian kemungkinan terjadi varises pun semakin besar.

4. Tinggi asupan garam
Konsumsi makanan yang tinggi asupan garam secara teratur, seperti camilan gurih, dapat menyebabkan resistensi air dalam tubuh. Akibatnya, terjadi tekanan dalam urat sehingga bagian tersebut melebar dan menyebabkan varises.

5. Menyilangkan kaki
Kebiasaan duduk satu ini dapat menimbulkan tekanan pada kaki dan pinggul. Akibatnya, urat menjadi tertelan dan terlihat, bahkan urat kecil juga terlihat.


 
(ELG)