Cara Mengurangi Lelah di Pagi Hari

Torie Natalova    •    Senin, 22 May 2017 10:00 WIB
tidur
Cara Mengurangi Lelah di Pagi Hari
Peneliti Jerman telah menemukan bahwa aroma yang berasal dari bunga melati mungkin dapat memiliki efek pada reseptor otak yang serupa dengan senyawa pada obat tidur. (Foto: Oprah.com)

Metrotvnews.com, Jakarta: Tidur lebih awal dan bangun pada waktu yang sama setiap hari, tidak menjamin bahwa Anda akan selalu merasa cukup istirahat. Terkadang, tubuh akan merasakan kelelahan atau seperti kurang tidur.

Menurut sebuah survei terbaru dari Better Sleep Council, 82 persen orang Amerika melaporkan bahwa mereka tidur kurang santai setidaknya seminggu sekali. 

Akibatnya, banyak biaya dihabiskan untuk minuman seperti kopi, minuman energi atau soda hanya untuk menjaga agar tubuh tetap segar dan mata tetap terbuka. Namun, ada beberapa cara sederhana untuk menjaga tidur nyenyak Anda dan membuang minuman berkafein.

(Baca juga: 3 Langkah Agar Lebih Mudah Tidur)



1. Penuhi tubuh dengan serat
Makan lebih banyak biji-bijian dan buah juga sayuran berserat tinggi sepanjang hari dapat menyebabkan istirahat di malam hari lebih baik. 

Menurut Journal of Clinical Sleep Medicine, seseorang lebih sedikit terbangun di malam hari dan lebih nyenyak ketika mereka mendapatkan asupan yang kaya serat dan mengontrol gula juga lemak jenuh yang rendah.



2. Memotong melatonin
Melatonin telah menjadi suplemen yang mendukung untuk tidur nyenyak. Tetapi, kebanyakan pil mengandung dosis yang lebih tinggi daripada yang dibutuhkan untuk memberitahu otak Anda bahwa ini saatnya tidur. Jika Anda minum terlalu banyak, ini dapat meningkatkan kadar melatonin dalam darah Anda.



3. Mencium aroma melati
Peneliti Jerman telah menemukan bahwa aroma yang berasal dari bunga melati mungkin dapat memiliki efek pada reseptor otak yang serupa dengan senyawa pada obat tidur. 

Aroma bunga ini meningkatkan aktivitas neurotransmitter yang menenangkan neuron dan pikiran, memberikan Anda tidur lebih nyenyak atau bahkan mimpi indah.








(TIN)