Menyusui Kurangi Nyeri Pascaoperasi Caesar

Nia Deviyana    •    Minggu, 04 Jun 2017 16:51 WIB
studi kesehatan
Menyusui Kurangi Nyeri Pascaoperasi Caesar
(Foto: Medicalnewstoday)

Metrotvnews.com, Jakarta: Kita tahu jika ASI merupakan makanan terbaik bagi bayi. Lebih dari itu, menyusui juga menguntungkan bagi ibu, terutama bagi mereka yang melahirkan bayinya lewat metode caesar.

Dr Carmen Alicia Vargas Berenjeno dan rekannya dari Rumah Sakit Universitario Nuestra Señora de Valme, Spanyol menemukan fakta tersebut dengan menganalisis data dari 185 ibu yang menjalani operasi caesar antara Januari 2015 hingga Desember 2016.

24 jam setelah operasi, para ibu diwawancarai seputar rasa sakit kronis di area bedah, praktik menyusui, dan adakah kegelisahan selama menyusui. Wwawancara dilakukan lagi setelah 72 jam dan 4 bulan setelahnya.

Sebanyak 11,4 persen ibu diketahui mengalami nyeri kronis setelah operasi caesar. Periset menemukan, ibu yang menyusui bayinya setidaknya dua bulan setelah menjalani operasi cenderung merasakan sedikit rasa sakit di area bekas jahitan, ketimbang ibu yang menyusui kurang dari dua bulan.

Hasil ini diperoleh setelah memperhitungkan sejumlah faktor, termasuk usia ibu.

Pada penelitian yang lebih mendalam, tim menemukan bahwa ibu yang memiliki pendidikan Universitas cenderung mengalami penurunan rasa sakit empat bulan setelah operasi.

Peneliti juga menemukan, ada lebih dari setengah ibu yang gelisah selama menyusui, sehingga dapat memengaruhi risiko sakit kronis.

Temuan ini dipaparkan dalam Euroanaesthesia Congress 2017 yang diadakan di Jenewa, Swiss.


(DEV)