Hindari 4 Kesalahan Makan Buah Ini

Torie Natalova    •    Senin, 28 Aug 2017 07:48 WIB
kesehatan
Hindari 4 Kesalahan Makan Buah Ini
Perlu diingat bahwa buah memiliki gula alami. Apabila berlebihan mengonsumsi gula alami, ini tetap akan membanjiri aliran darah dengan glukosa dan kalori. (Foto: Cala/Unsplash.com)

Metrotvnews.com, Jakarta: Serat alami dan kandungan antioksidan pada buah-buahan, menjadikannya makanan yang digemari oleh mereka yang inginkan tubuh sehat dan tetap ramping.

Meskipun buah memang baik untuk kesehatan, namun kesalahan cara mengonsumsi buah dapat menghilangkan kesempatan tubuh Anda mendapatkan manfaat terbaiknya.

Ada beberapa kesalahan yang tanpa disadari Anda sering lakukan saat mengonsumsi buah-buahan. Salah satunya adalah terlalu banyak mengonsumsi buah.

Saat diet, banyak orang memilih buah untuk membuat perut tetap kenyang sepanjang hari. Buah dikenal dapat menggantikan peran karbohidrat. Terkadang ini membuat Anda cenderung mengonsumsinya dalam jumlah yang banyak.

Perlu diingat bahwa buah memiliki gula alami. Apabila berlebihan mengonsumsi gula alami, ini tetap akan membanjiri aliran darah dengan glukosa dan kalori yang justru dapat menaikkan berat badan.

Selain terlalu banyak mengonsumsi buah, beberapa kesalahan mengonsumsi buah ini perlu Anda hindari.



1. Tidak menggabungkan buah dengan protein
Meskipun gula dalam buah alami, tetapi gula tersebut tetap berpotensi menaikkan gula darah Anda. Menggabungkan buah dengan protein seperti keju atau selai kacang, merupakan cara terbaik untuk menstabilkan gula darah saat makan buah.

Buah meningkatkan kadar insulin dan protein meningkatkan glukagon hormon. Kedua hormon ini bekerjasama untuk menstabikan gula darah.

Protein sangat penting untuk Anda pengidap diabetes. Apabila tidak menambahkan protein saat konsumsi buah dalam jumlah banyak, penderita diabetes mungkin akan merasakan gejala hiperglikemia seperti detak jantung yang cepat.

(Baca juga: Seberapa Banyak Harus Makan Buah dan Sayur?)



2. Membuang kulitnya
Sebenarnya, kulit buah mengandung banyak vitamin dan antioksidan. Misalnya, kulit apel yang mengandung kaya serat, vitamin c dan vitamin A.

Penelitian menemukan bahwa makan buah dengan kulitnya bisa menjadi kunci untuk mengurangi risiko obesitas dan mencegah kanker. Karena itu, cuci bersih buah sebelum dimakan bersama kulitnya.

\

3. Minum jus buah
Banyak orang yang memilih mengonsumsi buah dalam bentuk cair atau jus. Padahal, jus buah tidak lagi memiliki serat yang ada pada buah. Serat bisa memperlambat pelepasan glukosa dalam aliran darah. 

Sama seperti jus, smoothie juga bisa merusak kandungan alami dalam buah karena buah dihancurkan halus dalam blender. Selain itu, nutrisi alami dalam buah-buahan kering juga telah rusak karena rentan mengandung pengawet dan gula tambahan.













(TIN)