Terlambat Makan Bikin Suasana Hati Memburuk

Pelangi Karismakristi    •    Rabu, 20 Sep 2017 08:00 WIB
tips kesehatan
Terlambat Makan Bikin Suasana Hati Memburuk
(Foto: Huffington Post)

Metrotvnews.com, Jakarta: Telat makan tak hanya bisa membuat Anda pusing, lemas dan sulit berkonsentrasi, tetapi juga bisa berpengaruh terhadap kesehatan.

Ketika tubuh kelaparan, pasokan glukosa ke otak berkurang sehingga konsentrasi menjadi menurun, memori tak bekerja maksimal, dan tak fokus. Selain itu, ada beberapa penyakit mengintai ketika Anda sering melewatkan makan, seperti dilansir Boldsky  berikut ini.

1. Diabetes

Melewatkan makan menyebabkan sel hati berhenti bereaksi terhadap hormon insulin yang berfungsi memecah kadar gula. Artinya, hati tidak mendapatkan sinyal untuk berhenti memproduksi glukosa dan terus memompanya ke darah. Glukosa ini terakumulasi dalam darah dan dapat menyebabkan diabetes tipe 2 dari waktu ke waktu.

2. Suasana hati naik turun

Suasana hati (mood) akan mengalami naik turun ketika tubuh tak mendapatkan cukup nutrisi. Selain itu, Anda akan mengalami perubahan fungsi emosional dan karena kadar gula darah yang berfluktuasi dalam tubuh, sehingga membuat Anda mudah tersinggung dan murung. Perubahan suasana hati ini bisa menghambat fungsi otak.

3. Metabolisme rendah

Saat merasa kelaparan, tingkat metabolisme di tubuh Anda rendah sehingga tak bisa membakar kalori ekstra, namun menyimpannya sebagai lemak. Dengan demikian, metabolisme yang rendah juga bisa mengakibatkan penambahan berat badan. Maka dari itu, ada baiknya bila Anda mengawali hari dengan sarapan pagi agar memberikan bahan bakar bagi tubuh.

4. Stres

Saat Anda melewatkan makan, tubuh akan memberi sejumlah energi yang dibutuhkan dengan melepaskan adrenalin dan hormon lainnya. Namun, seiring berjalannya waktu, stres juga memicu timbulnya sederet penyakit, seperti tekanan darah tinggi, depresi, jantung dan lainnya.

5. Sakit kepala dan kelelahan

Ini dapat menurunkan kadar gula darah yang pada akhirnya menyebabkan tubuh melepaskan hormon yang mempersempit arteri dan meningkatkan tekanan darah. Alhasil, Anda mungkin akan mengalami sakit kepala, kelelahan dan mual. Jika Anda melewatkan makan, tubuh Anda tidak mendapatkan cukup energi dan lebih parahnya lagi membuat Anda kehilangan kesadaran.




(DEV)