7 Penyebab Jatuh Sakit Setelah Liburan

Gervin Nathaniel Purba    •    Selasa, 19 Sep 2017 18:19 WIB
tips kesehatan
7 Penyebab Jatuh Sakit Setelah Liburan
(Foto: Yellow Pages)

Metrotvnews.com, Jakarta: Liburan seharusnya membawa pikiran tenang dan energi kembali terkumpul untuk meningkatkan semangat kerja. Namun, tak jarang banyak orang sakit setelah liburan.

Kebetulan, akan ada akhir pekan panjang pada minggu ini. Sebaiknya siapkan kondisi badan dalam keadaan fit dan jangan lupa untuk tetap menjaga kesehatan selama liburan.

Berikut penyebab orang suka sakit setelah liburan seperti dilansir dari Popsugar.

1. Paparan kuman

Kita terkena banyak kuman sepanjang waktu. Apalagi ketika di dalam pesawat, menempatkan semua orang dalam satu ruangan bersama. Oleh karena itu, rajinlah mencuci tangan, terutama setelah berada di transportasi umum atau dari luar rumah.

2. Kelembaban rendah

Udara dalam pesawat mungkin disaring dengan baik dan sering disegarkan, namun tetap memiliki kelembaban yang rendah. Hal ini dapat menyebabkan kekeringan di salurah hidung atau udara yang mengurangi kemampuan Anda untuk memblokir partikel udara yang berbahaya.

3. Moda transportasi

Ketika sedang berlibur keluar kota khususnya liburan ke luar negeri, pastinya menggunakan transportasi umum setempat seperti bus dan angkutan kota. Kursi dan pegangan adalah tempat yang penuh kuman.

4. Pilihan buruk saat liburan

Kita sering menjalani gaya hidup yang tidak sehat seperti tidak tidur atau makan dengan baik yang dapat mengurangi kebebalan tubuh.

5. Lupa cuci tangan

Hal ini sangat sering terjadi umumnya saat sedang liburan. Dr Dempsey mengatakan dalam keadaan darurat pembersih tangan berbasis alkohol mungkin pengganti yang layak, tapi tidak ada sabun dan air yang baik untuk membersihkan kuman

6. Tidak terhidrasi

Hindari dehidrasi dengan minum cukup air putih. Tubuh yang terhidrasi dengan baik dapat membantu sistem kekebalan tubuh melawan infeksi.

7. Kekurangan vitamin

Makan sembarangan menyebabkan tubuh kekurangan vitamin sehingga rentan terkena penyakit setelah liburan.




(DEV)