Gaya Hidup Tak Sehat Picu Masalah Serius Pada Reproduksi Pria

Sri Yanti Nainggolan    •    Kamis, 21 Sep 2017 18:09 WIB
Gaya Hidup Tak Sehat Picu Masalah Serius Pada Reproduksi Pria
(Foto: physicalculturist)

Metrotvnews.com, Jakarta: Gaya hidup tak sehat ternyata tak hanya membuat berat badan meningkat, namun juga berpengaruh pada kesehatan reproduksi pria. 
 
Sebuah survei yang dilakukan oleh kota Delhi di India menemukan bahwa gaya hidup buruk dapat memicu peningkatan disfungsi seksual, baik dalam jangka pendek maupun panjang. 
 
Selama periode survei, para peneliti menemukan bahwa sekitar 20 persen pria dewasa muda dan paruh baya telah berkonsultasi pada dokter terkait masalah disfungsi sosial. 
 
Makanan tak sehat, kurang olahraga, obesitas, stres, dan merokok adalah faktor terbesar yang berkontribusi dalam masalah tersebut. 
 
Survei diagnosis klinis yang dilakukan pada 800 pria berusia 21-45 tahun tersebut mengungkapkan bahwa kebiasaan gaya hidup tak baik memnegaruhi kemampuan dalam hubungan seksual yang sehat, dimana 20 persen diantaranya mengalami hal tersebut. 
 
Survei tersebut juga menunjukkan bahwa lebih dari 48 persen pria memiliki kebiasaan tak sehat seperti mengkonsumsi makanan tak sehat, minimal olahraga, dan tidur tak cukup yang disertai aktivitas seperti merokok sehingga memicu penurunan gairah seksual. 
 
Sementara itu, 35 persen pria dilaporkan mengalami stres dan hal tersebut berpengaruh pada frekuensi dan gairah seks mereka dan 48 persen pria yang kurang tidur juga merasakan hal yang sama. 
 
Hanya 19 persen dari perokok berat (21-40 batang rokok per hari) yang merasa gairah seks mereka masih kuat dibandingkan 50 persen yang bukan perokok. 
 
 

(DEV)