3 Tindakan yang Tak Disadari Membuat Anda Lebih Cerdas

Yatin Suleha    •    Senin, 29 May 2017 16:45 WIB
psikologi
3 Tindakan yang Tak Disadari Membuat Anda Lebih Cerdas
Beberapa kebiasaan yang ringan dan Anda lakukan setiap hari ternyata bisa membuat Anda lebih baik. (Foto: Rd.com)

Metrotvnews.com, Jakarta: Beberapa kebiasaan yang ringan dan Anda lakukan setiap hari ternyata bisa membuat Anda lebih baik. Salah satunya misalnya saja meletakkan handphone Anda tak jauh dari tempat Anda berada. Ini ternyata bisa membuat Anda lebih kreatif sekaligus berpikir secara tepat. 

Ada pula hal lainnya yang bisa membuat Anda menjadi lebih tenang, yaitu merasa bersyukur. Ternyata merasa bersyukur setiap hari dapat menjauhkan Anda dari sikap impulsif. Tidak percaya? Berikut ini ulasan yang dijelaskan seperti yang dilansir dari Rd.com:

(Baca juga: Kebiasaan Pagi Hari yang Pengaruhi Kesehatan)



1. Meletakkan handphone di dekat Anda
Dalam sebuah penelitian, ditemukan bahwa meletakkan handphone di dekat Anda, dapat membantu Anda lebih kreatif dan berpikir lebih jernih.

Terdengar aneh? Memang. Namun, semua ini didapati dari penelitian dalam studi para pengguna iPhone dari usia 18-24 yang mampu menyelesaikan puzzle. Di tengah penelitian berlanjut, para peneliti meletakkan iPhone mereka di sudut ruangan. 

Faktanya, para partisipan menemukan ketika handphone mereka dekat, partisipan mampu menemukan rata-rata sembilan kata. Namun, ketika handphone jauh dari mereka, para partisipan hanya mampu menemukan enam kata saja.

Ini menandakan bahwa orang yang terpisah jauh dari handphone mereka dilaporkan merasa cemas dan menaikkan tekanan darah mereka. Dan para peneliti menyarankan untuk meletakkan handphone mereka tak jauh-jauh dari sang pemiliknya. Ini bisa Anda lakukan juga jika Anda merasa sulit fokus.



2. Merasa bersyukur
Ternyata memiliki rasa bersyukur setiap hari bisa membuat Anda tenang dan terjauh dari pilihan impulsif (pilihan yang tidak perlu)-ini bisa Anda lakukan jika Anda sedang merasa "kalap" belanja.

Para peneliti melakukan latihan psikologi pendek tentang beberapa jenis emosi. Para partisipan diberika tes dalam hal "menahan diri dari keinginan dalam hal keuangan". Mereka yang rajin bersyukur menunjukkan secara finansial bisa lebih tenang. 



3. Makan sehat

Menjauhi diri Anda dari makanan berproses (makanan seperti sosis, burger, cookies dan lainnya) bisa meningkatkan kemampuan memori di otak Anda. Disebutkan juga dalam Rd.com, bahwa Makanan yang mengandung lemak jenuh bisa membahayakan jantung Anda (seperti yang ditemukan dalam makanan yang terdapat margarin dan cookies) bisa mengacaukan memori di otak Anda.

Dalam studi yang dipresentasikan di American Heart Association menyebutkan bahwa para peneliti mengevaluasi konsumsi lemak trans pada 1.000 laki-laki sehat dan memberikan mereka tes ingatan. Hasilnya, setiap gram dari lemak trans yang dimakan setiap hari itu ternyata berkaitan dengan performa hasil tes yang semakin buruk.







(TIN)